DPRD Monitoring, Stok Bahan Pangan Hingga Lebaran



PEMALANG - Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Pemalang kembali melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) ketersediaan sembako. Hal ini bermaksud untuk memastikan ketahanan pangan ditengah pandemi Corona hingga jelang lebaran mendatang.

Setelah sebelumnya melakukan pemantauan stok sembako di pasar-pasar tradisional, monev kali ini menyasar pada tempat-tempat penggilingan padi (Ricemill.red) di Kecamatan Petarukan.

“Hasil pantauan kami, stok bahan pangan kita aman hingga lebaran mendatang. Jadi masyarakat tidak perlu risau akan hal ini,” kata Daliwan, kepada awak media, Selasa (14/4/20).

Diceritakan, ada enam desa di Kabupaten Pemalang yang mendapatkan bantuan mesin pengering padi. Bantuan itu diberikan oleh Pemprov Jawa Tengah pada tahun 2018 lalu. Sedangkan untuk Kecamatan Petarukan sendiri ada dua desa yang mendapatkan bantuan itu, yakni Desa Loning dan Desa Temuireng.

Kata Daliwan, para petani padi tidak lagi menghadapi kendala berarti ketika panen raya bertepatan dengan musim penghujan. Mereka bisa menggunakan mesin pengering itu ketika tidak bisa mengandalkan Matahari. Sehingga tidak ada lagi alasan persediaan beras di Kabupaten Pemalang mengalami kekurangan.

“Ya, ini sangat efektif bagi para petani. Terutama saat panen raya berbarengan dengan musim hujan. Ketika tidak mengandalkan Matahari, mereka bisa menggunakan mesin itu,” tutupnya.

Penulis: Jumanto Sastro

Powered by Blogger.