Kades Kendaldoyong Badrun, Ajak Warganya Agar Desanya Tetap Kondusif


Jurnalpemalang.co.id, PEMALANG - Kepala Desa (Kades) Desa Kendaldoyong  Badrun mengajak warganya agar menjaga kondisi  desanya selalu kondusif. Hal itu  disampaikan oleh Badrun dalam Musyawarah Desa (Musdes) yang dihadiri oleh pengurus masjid, mushola, Ormas NAhdhatul Ulama, Ormas Muhamadiyah,  Babinkamtibmas Polsek Petarukan, Babinsa Koramil Petarukan dan GP Anshor di Aula Balai Desa pada Senin (20/4/2020) malam.


"Mari bersama-sama menjaga kondisi Desa Kendaldoyong agar selalu kondusif baik itu keamanan, kesehatan, pembangunan, dan kegiatan-kegiatan keagamaan," kata Badrun di depan para pengurus masjid dan mushola.

Dalam forum tersebut Badrun selaku Kades juga menyampaikan bahwa dalam kondisi wilayah Kab. Pemalang yang dalam status tanggap darurat korona seperti sekarang ini, Pemerintahan Desa (Pemdes) tidak melarang tapi juga tidak memberikan ijin sepenuhnya terkait pelaksanaan kegiatan-kegiatan keagamaan.

"Dalam kondisi darurat korona sekarang ini, Pemdes tidak melarang juga tidak memberi ijin sepenuhnya dalam hal keagamaan seperti sholat Jum'at, sholat tarwih, sholat idul fitri dan tadarus Al Qur'an," tandas Badrun.

Karena itu, Kades Kendaldoyong Badrun menyerahkan kedua poin tersebut kepada forum Musdes yang diikuti tokoh-tokoh agama dan dihadiri Muspika Kecamatan Petarukan.

" Dari kedua poin itu, silahan para kyai, para ustad, para tokoh agama, para pemuda, dan tokoh masyarakat untuk bermusyawarah membahas hal tersebut," imbuh Kades.

Menurut Kades hal itu dilakukan  untuk menyamakan persepsi dan kebersamaan antar tokoh agama, pemuda dan tokoh masyarakat melalui Musdes  sehingga menghasilkan keputusan yang dapat meredam dan menghilangkan saling menyalahkan.

Sementara, dalam keputusan Musdes telah disepakati bahwa kegiatan sholat Jum'at, tarwih dan Idul Fitri dapat dilaksanan dengan mengikuti protap penanganan pencegahan Covid-19 seperti menyiapkan termo gun (alat pengukur suhu badan), tempat cuci tangan, menggunakan masker, jaga jarak antar jama'ah dan dilakukan penyemprotan sebelum dan sesudah pelaksanaan ibadah. Keputusan tersebut diambil setelah mengacu pada informasi bahwa untuk saat ini, Desa Kendaldoyong masuk dalam zona hijau*

Reporter : Roji
Powered by Blogger.