Sidak Bupati Pemalang, Guna memantau Posko Gugus Tugas Covid 19 di Tingkat Desa


Pemalang - Langkah pasti Bupati Pemalang A. P. H. Junaidi untuk mengantisipasi pandemi Corona Virus Deseas 2019 (Covid- 19.red), agar tidak semakin meluas, nampaknya tidak bisa dipandang enteng lagi. Dirinya sebagai orang nomor satu di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah  tampak selalu siap dalam mengantisipasi, menanggulangi, menindaklanjuti adanya pandemi covid- 19 di Kabupaten Pemalang. Tak hanya berkoordinasi dengan seluruh elemen Pemerintah Kabupaten Pemalang, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, serta Pemerintah Pusat. Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa yang ada di Kabupaten Pemalang. Koordinasi berupa sarana pemeriksaan awal pada warga (screening.red), penyemprotan disinfectan, pembagian masker, hingga pada sarana penyediaan tempat isolasi bagi para warga pendatang atau perantauan yang baru datang dari luar kota terutama yang baru pulang dari lokasi zona merah pandemi corona.


"Kami berupaya semaksimal mungkin dalam penanggulangan pandemi covid 19 di Kabupaten Pemalang,"  ungkap Bupati Pemalang A. P. H. Junaidi saat berkunjung di beberapa desa di wilayah Kecamatan Pemalang, Minggu (12/4).

"Hari ini, saya sengaja melakukan inspeksi mendadak di beberapa desa yang ada di Kecamatan Pemalang. Kegiatan ini dengan maksud dan tujuan, agar bisa mengetahui, sejauh mana Pemerintah Desa, mempersiapkan, mengantisipasi, menanggulangi, menindaklanjuti, hingga menghimbau para warga masyarakatnya untuk menghadapi pandemi covid 19 ini," terangnya.



Sidak yang dilakukan Bupati Pemalang ini, dilaksanakan di Desa Bojongnangka, Desa Wanamulya, Desa Banjarmulya, Desa Kramat, dan Kelurahan Paduraksa yang menjadi bagian dari wilayah Kecamatan Pemalang," imbuhnya.

Dikatakan oleh Wahmu, Kepala Desa Bojongnangka, pihak Pemerintah Desa Bojongnangka selalu memberikan himbauan pada warga masyarakat terkait pandemi corona.

"Pemdes Bojongnangka, selalu rutin dalam memberikan himbauan tentang covid 19 bagi warga masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, dikatakan oleh Kepala Desa Banjarmulya, Sunoto, pihaknya akan selalu berusaha semaksimal mungkin melakukan penyemprotan disinfectan, pembagian masker, serta pendataan para warga yang baru pulang dari perantauan.

"Sekuat tenaga kami koordinasikan dengan para pemuda, ketua RT / Rw, Tim Penggerak PKK Desa Banjarmulya guna ikut serta dalam penyemprotan disinfectan, pembagian masker, hingga pada pendataan para warga yang baru datang dari perantauan," jelasnya, sembari tersenyum tak menyangka dikunjungi Bupati Pemalang.

Ketika ditanya persiapan pihak Pemerintah Desa Wanamulya manakala ada warga yang terindikasi atau terpapar covid 19, Kepala Desa Wanamulya, Ribut mengatakan,  pihaknya selalu siap merujuk ke tempat pelayanan yang lebih baik lagi.

"Manakala ada warga yang terindikasi memiliki gejala seperti gejala covid 19, pihak Pemerintah Desa Wanamulya akan memeriksakannya ke Puskesmas, atau bersinergi dengan puskesmas untuk membawa pasien tersebut dikirim ke tempat pelayanan kesehatan yang lebih lanjut, seperti RSUD Dr. M. Azhari atau bisa dirujuk ke Rumah Sakit yang menjadi rujukan penanganan Covid 19 di Jawa Tengah," tuturnya dalam sela-sela kunjungan Bupati Pemalang, hari ini ke Balai Desa Wanamulya. (Dentang).
Powered by Blogger.