Di Tengah Masa Pandemi Korona, Komunitas HMTHK Bersama SPPI Kembali Berbagi


JURNALPEMALANG.CO.ID, PEMALANG - Relawan Hanya Memberi Tak Harap Kembali (HMTHK) bekerja sama dengan Serikat Petambak Pantura Indonesia (SPPI) yang didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pemalang kembali melakukan aksi peduli. Kali ini mereka memberikan bantuan berupa paket sembako kepada tenaga non medis rumah sakit seperti petugas pemulasaran jenazah, driver ambulan, cleaning service  dan petugas pemakaman dari rumah sakit. Ada tiga rumah sakit yang kali ini mendapat bantuan yaitu RSUD. Dr. M. Azhari sebanyak 73 paket, RS. Santa Maria sejumlah 58 paket dan Rumah Sakit Siaga Medika 63 paket.


Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan di RSUD Dr. M. Azhari oleh perwakilan dari HMTHK Atik. Bantuan diterima langsung oleh Direktur RSUD M. Azhari  Dr. Sunardo pada Rabu (20/5/2020).

Direktur RSUD M. Azhari  Dr. Sunardo ketika dimintai tanggapannya mengatakan bahwa itu merupakan bentuk kepedulian dari sebuah komunitas dari semua orang terhadap orang yang bekerja digarda terdepan.

"Dalam hal ini adalah rumah sakit yang memang ditugaskan sebagai rujukan pelayanan covid-19 dan beliau-beliau ini juga orang yang tidak kalah perannya dengan dokter, perannya sama, diperuntukan pada kebesihannya, kemudian transforternya, kalau ada kasus yang meninggal dunia  pemulasarannya juga sesuai dengan protokol kesehatan," kata Dr. Sunardo.

Sementara Ati, perwakilan dari HMTHK  ketika ditanya soal dana mengatakan, sumber dana bantuan bersumber dari para donatur yang dihimpun oleh HMTHK dan SPPI.

"Bekerja sama dengan PMI Pemalang al Hamdulilah hari ini menyalurkan bantuan untuk RSUD sejumlah 73 paket, bersumber dari para donatur yang dihimpun oleh HMTHK dan SPPI . Alhamdulilah atas partisipasi beliau-beliau hari ini bisa terwujud bisa berbagi dengan para insan yang saat ini benar-benar mencurahkan segala tenaga dan pikirannya untuk kepentingan sesama  di tengah pandemi Covid-19 ini yaitu pentugas pemulasaran jenazah, driver ambulan dan cleaning service sertaa petugas pemakaman," kata Ati dengan penuh semangat saat ditemui usai penyerahan secara simbolis.

"Hari ini kita menyalurkan ke 3 rumah sakit rujukan yaitu RSUD Dr. Azhari 73 paket, RS. Siaga Mdika 63 paket dan RS. Santamaria 58 paket, semua hari ini serentak," imbuhnya.

Lebih lanjut Ati mengungkapkan  bahwa komunitas sebelum lebaran juga akan melakukan aksi peduli lagi.

"Insya Allah nanti sebelum lebaran juga akan dibagikan paket Sembako kepada petugas selain tenaga medis," ujarnya.

Sebelumnya, HMTHK juga telah memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak yang meliputi para pedagang umum, para penjual di sekolah, kepada para guru ngaji atau ustad. Kedepan rencananya juga sasaran bantuan akan diberikannya kepada petugas seni.

Pada kesempatan yang sama, Ketua SPPI Rujatno mengungkapkan, serikatnya tidak hanya menuntut hak-haknya, tapi mereka juga ingin berbagi.

"Kami tidak hanya menyampaika hak-hak kami di wilayah pertambakan, tapi kami juga ingin berbagi kepada masyarakat yang memang sangat membutuhkan," kata Rujatno.

"Harapan kami SPPI, seluruh masyarakat Indonesia, di masa pandemi Covid-19 ini menjadi kesadaran bersama bahwa kita, juga masyarakat berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah bekerja sama sehingga seperti apa yang disampaikan kepada Direktur RS. Azhari, ini juga kami sangat menyambut dengan baik dan apresiasi setinggi-tingginnya, kami diterima dengan baik, keinginan kami bahwa apa yang kami lakukan ini bisa menjadi penetralisir bukan saja kami hanya selalu menuntut hak saja akan tetapj kami juga peduli pada orang yang yang memang sangat membutuhkan dalam saat situasi kondisi yang sepetri ini kondiai rumah sakit," ujar Ketua SPPI ini berharap.*

Penulis: Fahroji
Powered by Blogger.