New Normal, Benowo Park Jadi Andalan Tujuan Wisatawan


JURNALPEMALANAG.CO.ID, PEMALANG - Taman Benowo atau Benowo Park merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di Kabupaten Pemalang. Obyek wisata tersebut berada di Desa Penggarit, Kecamatan Taman. Tempat wisata ini memadukan wisata religi dengan wisata alam budaya. Dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Wiguna Utama sejak tahun 2017, kini wisata tersebut makin maju dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada hari libur.


Disini, para wisatawan bisa memberi makan monyet liar, ikan dan kelinci. Selain itu, tersedia juga lapangan memanah serta lapangan tembak.

Untuk wisata religinya, para pengunjung bisa berziarah ke makam Pangeran Benowo yang lokasinya berada di dalam kompleks Benowo Park.


Uniknya lagi, para pedagang disini menyajikan jajanan tradisional yang akan membawa para pengunjung bernostalgia. Jajanan tersebut diantaranya seperti ganyong, gembili, tales, gandum, getuk, nasi jagung, growol, rujak, gado-gado dan masih banyak lagi.

Di masa tatanan hidup baru (New Normal) standar protokol kesehatan pun diterapkan di wisata tersebut, seperti disediakannya tempat cuci tangan dari gerbang pintu masuk serta di setiap warung yang ada di dalam kawasan Benowo Park.

Kepala Desa (Kades) Penggarit Imam Wibowo mengatakan bahwa sebelum "New Normal" para pedagang sudah diberi himbauan.

"Himbauan kepada pedagang kesiapan sebelum 'New Normal' kan kita koordinasikan semua termasuk pembersihan lingkungan, penyemprotan disinfektan dan sebagainya," kata Imam, ketika ditemui media ini, Selasa (23/6/2020).

Imam Wibowo memaparkan, para pedagang di Benowo Park sudah paham mengenai aturan tersebut dan mau mematuhi aturan, hal itu dibuktikan dengan disediakannya tempat cuci tangan tradisional disetiap warung yakni gentong.

"Pedagang sudah paham semua dan mematuhi aturan, para pengunjung wajib menggunakan masker," papar Imam Wibowo.

Dia berharap para pengelola maupun pengunjung tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Semoga tatanan normal baru ini tetap terus dipegang dipedomani baik pengelola maupun pengunjung agar tetap menjaga, kemudian tetap dengan mengedepankan protokol kesehatan, sehingga diharapkan kehidupan atau perputaran roda perekonomian di desa mulai pulih kembali yang sekian lama terpuruk utamanya para pedagang di kawasan Benowo Park," imbuhnya.

Di lokasi wisata ini ada daya tarik tersendiri yang dapat menarik pengunjung yakni setiap malam Kamis wage digelar kegiatan "Pasar Kamis Wage". Untuk bisa masuk ke obyek wisata ini, pengunjung cukup merogoh kocek Rp 3000 perorang. Dibuka dari pukul 08:00 WIB  hingga pukul 17:00 WIB.*

Penulis : Eriko GD
Powered by Blogger.