Bumdes Milik Desa Wanarata Diresmikan


JURNALPEMALANG.CO.ID,  WANARATA - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) WASESA Desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang diresmikan oleh Camat Bantarbolang Abdul Rachman, Senin (6/7/2020).


Bumdes memiliki jenis usaha mini market, retribusi pasar dan sablon  terletak di Jalan Soetomo Desa Wanarata.
Dalam kesempatan itu Direktur BUMDes Wasesa Sigit Adriansah yang berprofesi guru  di SDN O5 Wanarata  menyampaikan langkah-langkah yang tentunya demi kemajuan Bumdes bersama, Menurut sigit,dirinya memfokuskan untuk menggandeng Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setempat agar hasil produksinya bisa dipasarkan di Bumdes dengan memanfaatkan jaringan BUMDes di desa lain.

"Harapan saya semoga masyarakat desa wanarata  bisa berbelanja di BUMDes Wasesa agar BUMDes semakin maju tentunya banyak keuntungan untuk warga desanya," katanya.

Elok Rahmawati selaku Kepala Desa Wanarata berharap Bumdes Wasesa  bisa maju dan dia juga berharap masyarakat berbelanja di Bumdes tersebu.

"Harapan saya masyarakat tidak perlu  jauh jauh balanja keluar desa karena kita dirikan Bumdes ini bertema mini market jadi tidak ribet dalam memilih, masalah harga bisa bersaing," kata Kades Wanarata Elok.

Ia menambahkan, kalo modal awal BUMDes 100 juta jadi saat ini masih mengontrak Bumdesnya, mudahan ke depan bisa maju dan kita bisa membangun Gedung BUMDes sendiri di tempat yang strategis.

Camat Bantarbolang Abdul Rachman yang datang  meresmikan Bumdes Wasesa  berpesan kepada pengurus Bumdes agar amanat besar dari desa yaitu dengan langkah awal yang harus di laksanakan sebisa mukin pengurusnya harus  kreatif dan memiliki jiwa kewirausahaan, serta jangan sungkan mencari inofasi tentunya  melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

Ia pun menyarankan kepada pemerintah desa untuk segera menambah modal lagi di perubahan APBDes dan jangan lupa setiap tahun ada pertanggung jawaban, kelola administrasi secara baik, pengawas juga bener-bener mengawasi dan  mengingatkan bila ada penyimpangan.*

Reporter : Tresno

Powered by Blogger.