Pelayanan Adminduk Sistem Jemput Bola, Tetap Realisasikan Protap covid- 19

Proses perekaman E-KTP di Desa Wiyoro Wetan

JURNALPEMALANG.CO.ID, Pemalang - Antusiasme warga masyarakat dalam kepengurusan administrasi kependudukan, nampak nyata terlihat di Desa Wiyoro Wetan, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Antusiasme warga muncul pada saat tim dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang melakukan kegiatan Jemput Bola (home Visiting Adminduk.red). Kegiatan yang diwujudkan dengan cara terjun langsung menemui warga masyarakat di Desa, untuk mempermudah warga dalam kepengurusan Adminduk (Administrasi Kependudukan.red), seperti: Perekaman E-KTP, hingga pelayanan pembuatan dan perbaikan Kartu Keluarga serta Akte Kelahiran.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Ni Wayan Asrini, menyerahkan simbolis berkas  Akta Kelahiran dengan kertas HVS A4 ukuran 80gram di Balai Desa Wiyoro Wetan (4/7).

Warga masyarakat Desa Wiyoro Wetan yang sedari pagi hari menunggu penuh semangat di Balai Desa, nampak lebih sumringah manakala para personel DISDUKCATPIL berseragam Biru serta penuh senyuman ini langsung sigap mempersiapkan ubo rampe proses pelayanan perekaman E-KTP, pembuatan dan perbaikan Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran.

Dikatakan oleh Hendro,  Sekretaris Dinas DISDUKCATPIL, kegiatan tersebut sebafai wujud pihaknya ingin membantu warga dalam kepengurusan Adminduk.

"Program Home Visiting kali ini ada di Balai Desa Wiyoro Wetan. Ya dengan maksud agar para warga sedikit terbantu dalam mengurus adminduk yang meliputi Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, hingga surat pindah datang," ungkap Hendro, disela kegiatan.

Ditambahkan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Ni Wayan Asrini, menambahkan,ada perubahan bahan kertas dalam berkas adminduk.

 "Berkas kependudukan seperti Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran, berubah kertas nya. Jadi kertas HVS A4 ukuran 80 Gram, dan  dilengkapi dengan tanda tangan elektronik. Dengan demikian para warga akan lebih mudah dalam mengurus adminduk atau berkas yang lainnya seperti Legalisir untuk keperluan pendidikan anaknya," imbuhnya.

Proses pelayanan adminduk di Desa Wiyoro Wetan, nampak sesuai dengan protap kesehatan penanggulangan covid- 19, dengan menggunakan masker, cuci tangan, dan juga jaga jarak.

Sementara itu, menurut Sekertaris Desa Wiyoro Wetan, Heru Heryanto, A.md.Kom, 40% dari total sekitar 5000 warga desanya yang datang mengurus adminduk. Warga masyarakat sangat berharap adanya jemput bola dan baru sekarang ada kegiatan tersebut.

"40% dari total 5000 warga kami yang datang mengurus adminduk. Kami berterimakasih karena disdukcatpil sudah mewujudkan permintaan warga dalam mempermudah kepengurusan adminduk," pungkasnya. (Dentang)
Powered by Blogger.