Pemdes Pepedan Adakan Sosialisasi Tentang DTKS


JURNALPEMALANG.CO.ID, PEMALANG - Dalam rangka persiapan kegiatan dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau yang sebelumya dikenal dengan BDT TKSK Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang  melakukan sosialisasi terhadap perwakilan warga Desa Pepedan, Kecamatan Moga, Kamis (9/07/2020).

Kegiatan sosialisasi verifikasi dan validasi bertujuan untuk pemeriksaan dan pendataan sesuai dengan kondisi sosial di lapangan untuk memastikan data yang digunakan sesuai dengan kriteria kemiskinan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial dan tepat sasaran dalam penggunaannya.

Dalam kesempatan itu Najib selaku TKSK Kecamatan Moga mengharapkan kerja sama dan bantuan kepada pihak Pemdes yang nantinya akan menugaskan seluruh  RT yang ada di Desa Pepedan. Ini adalah Kegiatan Musdes  sosialaisai berkaitan dengan  DTKS dan
‌nantinya bermanfaat di Desa Pepedan dengan harapan sesui dengn peraturan yang ada dan kuncinya dalam hal ini adalah pendata jangan sampai ada nepotisme dan yang didata jujur dengan kondisinya saat ini.

Kasi PMD  Muslih yang hadir dalam hal ini pun menyampaikan harapan kalau yang hadir  biar menjadi saksi dan memahami sehingga di sampaikan kepada masyarakat dan nantinya data yang di validasi  berdasarkan data bukan orang yang mendata sesuai dengan keadaan yang di lapangan. Ia pun menambahkan 
verifikasi dan valisidasi  setahun 4 kali.

"Harapannya semoga petugas Melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya," kata Najib.

Dalam kesempatan tersebut  Kepala Desa Pepedan Maftukhah menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memvalidasikan dan menyempurnakan data DTKS yg berisi nama- nama kepala keluarga miskin yang ada di Desa Pepedan supaya sesuai dengan kondisi saat ini.

"Dari desa juga memberikan dukungan berupa anggaran yg dikhususkan utuk kegiatan  tersebut, dimulai untuk pelatihan pendataan, entry data dan lain-lain dari Dana Desa," imbuhnya.

Dalam kegiatann tersebut dihasilkan keputusan adanya tim khusus pendata dan petugas entry data.(tresna)
Powered by Blogger.