Finalisasi KPM BLTDD, Pemdes Jatingarang Gelar Musdessus


JURNALPEMALANG.CO.ID, PEMALANG - Menindaklanjuti adanya kelanjutan program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) gelombang kedua di Desa Jatingarang, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, pemerintah desa setempat mengadakan Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) di Pendopo Balai Desa, Selasa (25/8/2020) siang.

Musdessus ini dalam rangka validasi, finalisasi dan penetapan calon penerima BLT-DD gelombang kedua untuk tiga bulan kedepan dari mulai bulan Juli, Agustus dan September. Hadir dalam Musdessus tersebut diantaranya Sekertaris Camat (Sekcam) Bodeh, BPD, RT, RW, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda.


Kepala Desa Jatingarang, Anjang mengatakan Musdessus ini digelar untuk menentukan siapa - siapa saja yang berhak dan layak mendapatkan BLT DD gelombang kedua ini. Finalisasi calon penerima BLT DD melibatkan sejumlah unsur masyarakat sehingga bantuan sosial bagi masyarakat terdampak covid-19 ini tidak salah sasaran.

Adapun dari hasil Musdessus tersebut, terdapat perubahan data jumlah penerima BLTDD gelombang pertama dan gelombang kedua. Perubahan data ini merupakan hasil kesepakatan bersama.

"Dari hasil Musdessus ini, ada perubahan data calon penerima BLTDD. Pada BLT DD gelombang pertama ada 406 Kepala Keluarga (KK). Sedangkan untuk gelombang kedua ada 314 (KK)," terang Anjang.

Menurut Anjang, penyaluran BLT-DD gelombang kedua tersebut kemungkinan akan dilaksanakan pada September mendatang. Bantuan sosial itu berupa uang tunai sebesar Rp 300.000 setiap penerimanya selama tiga bulan berturut- turut.

Anjang berharap nantinya dalam proses penyaluran BLT-DD gelombang kedua ini dapat berjalan dengan lancar. Seperti halnya pada saat pembagian BLT DD gelombang pertama, dimana tidak terjadi gejolak di tengah masyarakat terkait dengan penyaluran bantuan tersebut.*

Reporter : Sasongko
Editor      : Yanto
Powered by Blogger.