Jum’at Berkah Bagi Masyarakat Bersama Mahasiswa KKN Alternatif Kelompok 1 Pemalang

Pembagian nasi bungkus dan air mineral. (Foto:Lana Dianti) .

JURNALPEMALANG.CO ID, PEMALANG - Dalam rangka program pengabdian kepada masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menerjunkan mahasiswanya untuk melaksanakan KKN Alternatif Covid-19. Di bawah bimbingan salah satu dosen pembimbing lapangan (DPL), Totok Haryanto, S.E., M.M., para mahasiswa melaksanakan program tersebut dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Sehingga banyak kegiatan yang dilakukan dengan basis online. Namun terdapat juga kegiatan yang sifatnya tindakan secara langsung yang berdampak kepada masyarakat. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Kelompok 1 Pemalang, adalah membantu meringankan para pekerja jalanan seperti tukang becak, sopir dan tukang parkir yang ada di sekitar pasar Randudongkal dengan membagikan nasi bungkus dan air mineral. Termasuk aksi pembagian masker kain ke pengguna jalan untuk upaya pencegahan penularan covid-19. 



Pembagian Masker. ( Foto: Lana Dianti.)


Dalam melaksanakan kegiatan yang melibatkan interaksi langsung dengan masyarakat, kelompok 1 Pemalang meminta ijin kepada Kapolsek Kecamatan Randudongkal.  “Dalam era new normal Kapolsek Randudongkal sudah tidak melaksanakan operasi masker secara gencar apabila para mahasiswa ingin membagikan masker ke jalan diijinkan dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan dan tetap berhati-hati menjaga keselamatan” ujar salah satu anggota polisi di Polsek Randudongkal.
 

Dalam program tersebut, para mahasiswa turun langsung ke jalan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai petunjuk dari Kapolsek Randudongkal. Para mahasiswa membagikan nasi bungkus dan air mineral dalam satu bungkus plastik, sekaligus pembagian masker di jalan raya kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker. Mahasiswa KKN Alternatif kelompok 1 Pemalang mengistilahkan dengan sebutan “Jum’at Berkah”.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan Jum’at Berkah dapat membantu meringankan beban para pekerja jalanan yang ada di pasar Randudongkal. Kegiatan Jum’at Berkah juga di harapkan dapat memotivasi kita sebagai manusia untuk saling berbagi dan peduli pada sesama”, ujar Reza Rizaldi, selaku ketua KKN Alternatif kelompok 1 Pemalang. 

Pembagian nasi bungkus dilakukan setelah sholat jumat dan pembagian masker setelah salat Ashar sekitar jam 16:00 dan lokasi kegiatan di pertigaan Randudongkal. Dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi yang bermakna bagi warga masyarakat sekitar. (Uswatun khasanah)

Powered by Blogger.