Pasar Pagi Widoro Kandang Kedepankan Azas Kekeluargaan

Pasar Widoro Kandang Desa Bilmbing, Ampelgading (Photo by Welly)

JURNALPEMALANG.CO.ID, AMPELGADING -  Pasar merupakan tempat transaksi jual beli perekonomian.
Salah satu contohnya pasar pagi Widoro Kandang Desa Blimbing, Kec Ampelgading Kab Pemalang. Pasar ini selalu ramai didatangi pembeli dan pelbagai pedagang makanan dan minuman serta kebutuhan sembako selalu menyediakan kebutuhan masyarakat seperti sayur, bumbu dapur dan ikan.

Para ibu-ibu saat melakukan transaksi jual beli. (Photo by Welly)

Bu Manisah pedagang sayur mengatakan, pasar Widoro Kandang ini selalu ramai di datangi pembeli. Karena, segala kebutuhan dapur, sembako dan lain sebagainya tersedia ada di pasar ini.

Lanjut Manisah, dirinya mengaku sudah puluhan tahun berjualan di pasar Widoro Kandang ini. Dan pasar mengedepankan azas kebersamaan, gotong royong dan kekeluargaan. Ini yang membuat masyarakat di sini merasa nyaman untuk melakukan transaksi jual beli perdagangan.

"Sudah lama saya berjualan disini. barang dagangan yang saya jual selain bumbu dapur saya juga menjual sayur mayur. harga sayur di jual berkisar Rp. 2000 - Rp. 5000 perikat. Kami juga merasakan nikmatnya kekeluargaan. tawa dan canda sebagai penghibur lelah kami, " kata Bu Manisah ketika ditemui Jurnal Pemalang di pasar Widoro Kandang, Minggu (16/8/20).

Saat ditanya, mulai jam berapa pasar pagi ini buka dan ramai di kunjungi pembeli, Bu Manisah mengungkapkan, pasar Widoro Kandang ini ramai didatangi pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB, dan subuh juga sudah ada penjual sayur dari pelbagai desa yang datang di sini untuk menjual barang dagangannya.

"Mulai pagi sampai jam 08.00 WIB siang pasar ini buka. Kami berharap pasar Widoro Kandang, Desa Blimbing ini dapat perhatian dari pemerintah daerah, " ungkap Bu Manisah seraya tersenyum.

Dilain pihak, salah satu pembeli, Diana (35) membenarkan kalau pasar Widoro Kandang ini memang ramai didatangi para pembeli. Kalau menjelang fajar pasar ini sudah ramai. Dan senangnya lagi, kata Diana, kalau berbelanja di pasar ini penjualnya ramah tamah selalu seraya keluarga.

"Penjualnya pada ramah-ramah semua. Harga barang yang di jual standar dan terjangkau untuk kalangan masyarakat bawah, seperti saya ini," kata Diana.

Kita berharap pasar Widoro Kandang ini bisa menjadi percontohan bagi pasar pagi lainnya. Karena, pasar ini mengedepankan kekeluargaan. Dan berharap kepada Pemkab Pemalang untuk diperhatikan. (Welly)
Powered by Blogger.