Pemdes Cibuyur Adakan Pelatihan Fermentasi Pakan Ternak


JURNALPEMALANG.CO.ID, Pemalang - Pemerintahan Desa (Pemdes) Cibuyur bekerja sama dengan Bumdes, beserta kelompok peternak mengadakan Pelatihan pembuatan pakan dengan cara modern yaitu membuat pakan fermentase dan selase, berupaya meningkatkan ketahanan pangan ternak pada musim kemarau. Acara tersebut digelar Di Dusun Krajan RW. 01, Kamis (17/9/2020).



Kepala Desa (Kades) Cibuyur, Yoyok Kusnodo mengatakan, dalam keadaan Covid-19 ini masyarakat secara ekonomi melemah, pelatihan ini salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Cibuyur. 

"Agar kedepan bisa berinvestasi berjangka panjang bagi para peternak, petani secara umum untuk bisa menopang kehidupan mereka," tutur Yoyok kepada awak media seusai pelatihan.

Pelatihan pembuatan pakan ternak moderen secara gratis ini, lanjut Yoyok, baru pertama kali diadakan di Desa Cibuyur dan juga baru pertama kali di Kecamatan Warungpring.



"Ada 30 peserta dari kelompok tani, kelompok ternak maupun yang tidak punya ternak tetapi mempunyai potensi yang mengikuti pelatihan ini, dan semua peserta tetap mematuhi protokol kesehatan," terangnya.

Dengan adanya pelatihan ini Pemdes akan bekerja sama dengan Bumdes dan nantinya akan memberdayakan masyarakat dan masyarakat juga akan dikasih modal dengan catatan sudah menyiapkan pakan dan kandangnya terlebih dahulu.

"Sebelum merawat kambingnya mereka sudah memproduksi pakan. Tidak harus punya lahan lebar atau luas, mereka bisa menggunakan lahan - lahan yang tidak produktif untuk di tanami rumput semacam sotgum dan odoot," tegasnya.

Yoyok berharap agar selalu ada pembinaan terus menerus dalam artian berkesinambungan dengan Dinas terkait.

"Agar pertanian pertenakan di desa kami diperhatikan," pungkasnya.*

Reporter : Sasongko
Powered by Blogger.