Jelang Pilkades Serentak, Dispermasde Kabupaten Pemalang Gelar Bimtek



JURNALPEMALANG.CO.ID, PEMALANG - Jelang pelaksanaan  Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pemalang 27 Desember mendatang Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (Dispermasdes) memberikan pembekalan kepada 50 panitia Pilkades, Senin (26/10).


Kasi Pengembangan Aparatur Desa, Dispermasdes Pemalang, Hersis Nurcahaya,  mengatakan,  sampai saat ini sudah memasuki tahapan persiapan semua sudah diatur dan terjadwal di Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) termasuk tahapan pencalonan sampai pemungutan dan penghitungan suara.


“Pembekalan seperti ini sudah biasa kami lakukan untuk persiapan tahapan Pilkades. Perbedaannya di masa pandemi covid 19 csekarang ini jumlah peserta kita batasi. Masing-masing desa mengirimkan 2 panitia pemilihannya sebagai perwakilan, dan semua tahapan tetap harus menerapkan protokol kesehatan, ujarnya


Adapun panitia pemilihan desa sendiri dipilih oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan jumlah menyesuaikan kebutuhan tiap desa.


“Materi pembekalan dari dinas-dinas terkait, kami berikan sampai ke hal-hal teknis terkait Pilkades. Ada juga penyampaian terkait keamanan Pilkades oleh Polres Pemalang,” ujarnya.


Menyoal protokol kesehatan, Hersis mengaku semua tahapan Pilkades dilaksanakan dengan protokel pencegahan Covid-19.


“Prokes kita utamakan bahkan untuk pemilihan nanti kita atur jadwal kedatangan pemilih di TPS, ” katanya.


Hersis berharap, dalam Pilkades serentak 28 desa kali ini tidak menurunkan tingkat partisipasi warga untuk menentukan orang no 1 di desanya itu.*


Kontributor : Masrukhin

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.