Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Bantu Pelayanan Posyandu



JURNALPEMALANG.CO.ID, PEMALANG - Salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Dari Rumah (DR) Angkatan 75 Kelompok 104 UIN Walisongo Semarang, yang mengabdi di Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Pemalang ikut serta dalam membantu pelaksaan posyandu, Senin (16/11) kemain.


Posyandu adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Biasanya petugas kesehatan berasal dari Bidan dan dokter Puskesmas Kebondalem.


Posyandu dilaksanakan setiap satu bulan sekali di Ketua RT. 06 RW. 05 Kelurahan Kebondalem. Kegiatan ini bertujuan untuk imunisasi dan pengecekan kesehatan Balita. Kegiatan posyandu ini dipandu kader Posyandu.




Sri Mastuti selaku kader Posyandu menjelaskan bahwa Posyandu dilaksanakan setiap 1 bulan sekali tiap RW di Kelurahan Kebondalem.


“Posyandu pada umumnya dilaksanakan setiap 1 bulan sekali, setiap tanggal 16. Kegiatan Posyandu dimulai pukul 08.00 – selesai dan diawali dengan mengukur tinggi badan, menimbang berat bada, lalu lanjut pemeriksaan kesehatan dan juga memeberikan vaksin kepada balita yang belum mendapatkan vaksin,” kata Sri Mastuti.


Mahasiswa KKN UIN Walisongo, Rizki Nurul mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi ibu dan Balita untuk melaksanakan pemerikasaan kesehatan.


“Kegiatan ini sangat membantu sekali bagi warga Kelurahan Kebondalem terutama mereka yang memiliki anak Balita untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan serta pemeriksaan kesehatan balita,” jelasnya.


Penulis : Rizki Nurul Latifah 


Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.