Bawaslu :Tidak Terpenuhi Unsur Unsur Pelanggaran Pemilihan

 


JURNALPEMALANG.CO.ID, PEMALANG -Viralnya vidio berdurasi 02.38 menit di media sosial Facebook oleh H. Nuryadi  pendukung nomer urut 2, Agung-Mansur bersama tiga orang perempuan menunjukkan komoditas barang bantuan berupa beras, telor, buah dan lainnya di rumah  Endah Rosa, agen penyalur BPNT( Bantuan Pangan Non Tunai) di Desa Petanjungan, Kecamatan Petarukan,  pada Sabtu (21/11/2020), akhirnya diputuskan Bawaslu tidak terpenuhi unsur-unsur pelanggaran.

Hal itu diputuskan setelah Bawaslu  melakukan penelusuran dengan meminta keterangan pada pihak-pihak yang terkait, atas dugaan penyelewengan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) oleh pendukung  pasangan Cabup- Cawabup nomer 2, Agung-Mansur (AMAN),

Hal itu disampaikan Bawaslu pada keterangan persnya melalui  Kordiv Hukum, Data dan Informasi, Bawaslu Pemalang Sudadi, Senin (30/11/2020) di ruang Bawaslu Pemalang.

Menurut Sudadi, pihaknya  telah melakukan penelusuran dengan meminta keterangan kepada pihak-pihak terkait. Berdasarkan hasil penelusuran tersebut, selanjutnya dibahas pada rapat Gakkumdu pada hari Sabtu tanggal 28 November 2020 pada pukul 14.00 WIB 16.15 WIB.Dengan melibatkan 3 unsur yaitu; Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan. Kemudian, berdasarkan hasil rapat Gakkumdu, diputuskan dugaan penyelewengan BPNT itu tidak terpenuhi unsur-unsur pelanggaran pemilihan.

“Karena barang tersebut bukan milik negara, karena barang tersebut masih di agen yang dibelanjakan dengan modal sendiri. Belum ada transaksi antara KPM (Kelompok Penerima Manfaat) dengan agen penyedia barang," kata Sudadi.(Tris)

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.