Bupati Pemalang Serahkan Sertifikat Program PTSL di Desa Susukan


JURNALPEMALANG.CO.ID, COMAL - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades), Tetuko Raharjo mewakili Bupati Pemalang, Junaedi, secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2020. Penyerahan sertifikat dilakukan kepada perwakilan masyarakat Desa Susukan dan Desa Pecangakan, Kecamatan Comal, yang berpusat di Balai Desa Susukan, Rabu (2/12).


Bupati Pemalang, Junaedi dalam amanatnya yang disampaikan Tetuko Raharjo  mengatakan banyak tanah atau lahan masyarakat yang diketahui masih belum bersertifikat. Maka dari itu, dalam rangka mengatasi hal tersebut, pemerintah kemudian mencetuskan program PTSL.


"Pemerintah membuat program PTSL yang bertujuan untuk mendukung percepatan pemberian kepastian dan perlindungan hukum kepada pemilik hak tanah," terang Tetuko Raharjo.


Menurutnya, berbagai tahapan dan proses harus dilalui agar sertifikat tidak bertentangan dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.




"Alhamdulillah pada hari ini sertifikat yang diharapkan dapat diterima oleh masyarakat para penerima program PTSL Desa Susukan dan Desa Pecangakan," ucapnya.


Sementara itu Kepala Desa Susukan, Irfanuddin menuturkan dalam program PTSL Tahun 2020, Desa Susukan mendapatkan kuota sebanyak 1.250 bidang. Akan tetapi warga yang mendaftar hanya 925. Sedangkan Desa Pecangakan mendapat kuota 220 bidang.


"Untuk tahun 2020 yang sudah jadi dan siap dibagikan di Desa Susukan sebanyak 717 sertifikat. Dan Desa Pecangakan 223 sertifikat," jelasnya.


Adapun sebanyak 925 bidang yang belum tercover, lanjut dia, dipastikan bakal diselesaikan pada program PTSL Tahun 2021 mendatang.


"Semua akan terkafer bahkan nanti ada pendaftar yang baru," tandasnya.(Sasongko)


Editor : Yanto

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.