Gegara 130 Orang Positif Covid-19, Pasar Comal Ditutup Sementara



JURNALPEMALANG.CO.ID, COMAL  - Sebanyak 130 pedagang Pasar UPTD Comal telah dilakukan tes swab pada 20 November 2020 yang lalu. Hasilnya, diketahui ada 21 orang yang dinyatakan positif Covid-19 sampai saat ini.



Kepala pasar Comal Irwanto mengungkapkan, sebelumnya mereka telah bermusyarah untuk dilakukan tes swab.




"Sebelumnya atas hasil musyawarah kami dan para pedagang untuk dilakukan tes swab," katanya. 



"Mereka pun bersedia ditutup sementara. Dan Pagi ini Jumat (4/12) kami mulai tutup setelah penyemprotan disinfektan," jelasnya kepada Media.



Dalam pelaksanaan penutupan Pasar dan pelaksanaan penyemprotan cairan disinfektan."Kami pihak pasar melibatkan pihak Polsek, Koramil Comal, dan dibantu Dishub," tegasnya.



Irwanto berharap ke depannya, pasar Comal agar jauh lebih bersih bebas dari Covid -19. "Kita masih terus berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan terkait pelaksanaan rapid test. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi keamanan area pasar," ujar Irwanto.



Irwanto menceritakan dari hasil tes swab sampai penutupannya, setelah dilakukan tes swab dengan jedah lima hari yang kemudian hasil tes keluar, dan diketahui yang positif itu ada 19 orang, terdiri dari pedagang 13 orang dan pegawai kita 6 orang.



 

"Tapi semua Al hamdulillah patuh isolasi mandiri, itupun pendekatan kami pihak pasar melalui Puskesmas dengan dinas terkait serta kordinasi ke desa dimana mereka tinggal,"  ungkapnya kepada Media, Jum'at (4/12).


"Kemudian masalah tracing terhadap keluarganya itu menjadi kewenangan pihak Puskesmas yang menjadi binaannya," katanya.


Sementara, Suhadi selaku anggota Paguyuban Pasar mengiyakan ketika disinggung adanya pedagang yang meminta ditutup langsung aja dari pada kami di Swab."Ya "itulah, itu memang wajar, mereka punya hak masing-masing. "Jadi, dari pemerintah itu sendiri berharap Covid -19 agar segera selesai secepat mungkin," imbuhnya. (Ra)

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.