Tingkat Kepuasan Masyarakat Pemalang Terhadap Kinerja Pemerintah Cukup Baik



JURNALPEMALANG.CO.ID, PEMALANG – Secara umum masyarakat Kabupaten Pemalang merasa cukup puas terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten , tingkat kepuasan tersebut  mencapai  62,9 persen. Hal ini disampaikan oleh Sudarmaji dari Lembaga Surve Kebijakan Publik (LSKP) dalam keterangan persnya di hotel Sentana Pemalang, Minggu (6/12/2020).Pernyataan tersebut berdasarkan hasil surve kepada masyarakat.

LSKP bekerja sama dengan Pusak Informasi dan Kajian Kebijakan Publik (Puskapik) melakukan survei kepada masyarakat yang berlangsung dari tanggal 13 sampai 18 Nopember 2020, dengan metode Stratified Multistage Random Sampling dengan sasaran seluruh warga negara Indonesia di Kabupaten Pemalang yang telah berusia 17 tahun atau lebih dan atau sudah menikah. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 800 responden dengan margin of error +/- 3% pada tingkat kepercayaan 95%.

Metode pengumpulan data dengan wawancara secara tatap muka dengan responden menggunakan kuesioner.



Adapun hasil  temuan  surve  tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Bupati Pemalang dan Pemkab Pemalang sebagai berikut  sangat puas  5,58 persen, cukup puas 57,36 persen, kurang puas 19,24 persen, tIdak puas sama sekali 2,38 persern dan  tidak tahu/tidak jawab ( TT/TJ) 15,44 persen.

“Tingkat kepuasaan terhadap hasil kerja DRS. H. Martono sebagai Wakil Bupati Pemalang yakni sangat puas  4.05 persen, cukup puas 56,41 persen, kurang puas 22,27 persen, tIdak puas sama sekali 3,78 persen dan  tidak tahu/tidak jawab ( TT/TJ) 13,50 persen,” kata sudarmaji.

Lebih lanjut Sudarmaji menjelaskan tingkat kepuasan masyarakat Pemalang terhadap Bupati dalam hal mewujudkan pemerintahan yang mendengar aspirasi masyarakat adalah sangat puas  06 persen, cukup puas 56 persen, kurang puas 28 persen, tIdak puas sama sekali 01 persen dan  tidak tahu/tidak jawab ( TT/TJ) 08 persen.



“Tingkat kepuasan masyarakat Pemalang terhadap bupati dalam hal mewujudkan pemerintahan yang bersih dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) yaitu sangat puas  06 persen, cukup puas 40 persen, kurang puas 32 persen, tIdak puas sama sekali 02 persen dan  tidak tahu/tidak jawab ( TT/TJ) 22 persen,” ujarnya.

Tingkat kepuasan masyarakat Pemalang dalam hal pelayanan umum Pemerintahan seperti pengurusan KTP dan lain-lain yaitu sangat puas  09 persen, cukup puas 68 persen, kurang puas 17 persen, tIdak puas sama sekali 02 persen dan  tidak tahu/tidak jawab ( TT/TJ) 04 persen.

Tingkat kepuasan masyarakat Pemalang dalam hal pelayanan perijinan yakni sangat puas  09 persen, cukup puas 65 persen, kurang puas 14 persen, tIdak puas sama sekali 01 persen dan  tidak tahu/tidak jawab ( TT/TJ) 11  persen.

Sudarmaji juga memaparkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat Pemalang dalam hal pelayanan di kecamatan sebagai berikut sangat puas  09 persen, cukup puas 71 persen, kurang puas 12 persen, tIdak puas sama sekali 01 persen dan  tidak tahu/tidak jawab ( TT/TJ) 08 persen. 

” Persepsi masyarakat terhadap Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam hal praktek korupsi dan suap, sangat bersih  03 persen, cukup bersih 45 persen, kurang bersih 27 persen, tIdak bersih sama sekali 01 persen dan  tidak tahu/tidak jawab ( TT/TJ) 23 persen,”  paparnya.

Adapun pandangan masyarakat tentang sifat kepemimpinan yaitu berwibawa  04 persen, jujur/bersih dari korupsi 52 persen, perhatian pada rakyat  31 persen, pintar 02 persen,  tegas 05 persen, taat beragama 07 persen dan tidak tahu/tiak jawab 01 persen.(Fahroji)*

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.