Selamat Hari Pers Nasional 2021

Oleh: Purnomo (Ketua Dewan Pembina /Penasehat PWOIN Jepara) 

Tanggal berdirinya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dijadikan momentum sebagai Hari Pers Nasional yang diperingati setiap tahunnya, yaitu 9 Februari.

“Saya mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2021 kepada seluruh insan pers di Indonesi"

Bangkit dari Pandemi, Pers sebagai Akselerator Perubahan’. Dengan "PEMBERITAAN AKURAT, AKURAT, AKURAT" membantu pencerahan publik dari informasi hoaks & kebencian SARA.

"Semoga insan Pers bisa menjadi sumber inspirasi untuk bangkit dari pandemi,” di tengah pandemi Covid-19 pers tetap bekerja dan berada di garis terdepan dalam setiap perkembangan situasi.

Di tengah tsunami informasi seperti saat ini, kehadiran pers yang berintegritas, kredibel dan profesional menjadi semakin penting. Masyarakat makin membutuhkan informasi yang bisa dipercaya, tajam dan berpihak pada kepentingan rakyat. 

Pers yang sehat akan membuat demokrasi kita juga sehat.

Mari bersama-sama kita jaga dan rawat nilai-nilai demokrasi Indonesia melalui sajian informasi publik yang menjunjung tinggi prinsip kejujuran, kebenaran dan keadilan. 

Dalam komdisi pandemi saat ini, Pers Indonesia juga terimbas pandemi, tapi tetap bertanggung jawab sebagai penjernih informasi di tengah lautan berita di masyarakat.  

Selain menjadi suluh untuk informasi tentang Covid-19, pers menjadi ruang diskusi dan kritik untuk penanganan dampak pandemi yang lebih baik. 

Sebagai fungsi kontrol Sosial, Pers harus dapat menjadi sumber inspirasi bangkit dari pandemi dengan cara menyiarkan berita yang akurat dan menggugah persatuan terkait upaya menangani Covid-19. Peran pers ini penting dan harus dapat menjalankan perannya mengedukasi masyarakat dan menangkal hoaks tentang Covid-19 agar tidak menyesatkan masyarakat.

Pers harus tetap kritis mengawal dalam menjalankan fungsi kontrol sosial sebagaimana yang diatur oleh UU no. 40 tahun 1999 tentang Pers.

Selain mengedukasi masyarakat dan terus mengingatkan masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan. hal ini sesuai dengan karakter pers Indonesia sebagai pers perjuangan.

Di tengah badai infodemik, di tengah situasi merebaknya hoaks, di tengah berbagai persoalan dunia digital, semoga pers kita bisa tetap menyuarakan kebenaran.

Selamat Hari Pers Nasional Tahun 2021

Tetaplah menjaga integritas, menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran di atas segalanya, serta melakukan edukasi kepada bangsa dan Negara. Semoga pers Indonesia juga makin sejahtera.(pwo Jepara tim Emsatu)

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.