Bupati : Pemalang Akan Dibawa Selangkah Lebih Maju, Baik dan Aman


JURNALPEMALANG.CO.ID, PEMALANG – Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo menyampaika ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh masyarkat Pemalang, yang telah memberikan kepercayaan dan amanah untuk mengemban jabatan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pemalang periode 2021-2026.Hal itu diungkapkan saat menyampakaikan pidato perdana pada sidang paripurna DPRD Kabupaten Pemalang, Selasa (2/3/2021).


“Kepercayaan dan amanah tersebut akan kami jadikan semangat dan dorongan untuk bekerja keras membawa keadilan, kemakmuran dan kemajuan bagi Kabuptan Pemalang,” kata Mukti Agung Wibowo di depan para peserta sidang paripurna.


Ia mengungkapkan bahwa kehadirannya sebagai bupati dan wakil bupati adalah untuk melaksanakan amant rakyat serta meneruskan estafet kepemimpinan yang selama ini telah berjalan di Kabupeten Pemalang.


Bila melihat sejarah panjanag kepemimpinan di Kabupaten Pemalang, ia menilai telah banyak kemajuan, penghargaan dan prestasi yang telah dicapai. Ia yakin bahwa bupati dan wakil bupati sebelumnya mengukir prestasi dan karya-karyanya sebagai bentuk legasi atas warisan dari masa kepemimpinan yang pernah dijalankan.


“Untuk itu kami sampaikan apresiasi, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupat dan Wakil Buapti Pemalang sebelumnya, yang telah berkontribusi pada pembangunan daerah,” ujar Agung.


Lebih lanjut Agung menyatakan, bahwa dirinya bersama wakil bupati akan melanjutkan tugas dan pengabdian dari pemimpin-pemimpin sebelumnya dalam upaya mewujudkan cita-cita mulia, serta mengatasi berbagai macam permasalahan yang menghambat.


“Kami berharap kehadiran kami dapat membawa Kabupten Pemalang selangkah lebih maju, lebih baik dan lebih aman.Semua usaha dan upaya yang kami lakukan dalam membangun pemalang adalah wujud komitmen dan tanggung jawab kami, atas amanah dan kepercayaan yang telah rakyat titipkan,” kata Agung dalam pernyataannya di hadapan sidang paripurna.


Ia juga mengungkapkan, bila mencermati dinamika, situasi dan kondisi Kabupaten Pemalang saat ini, terdapat beberapa permasalahan yang mendesak dan perlu untuk segera dibenahi.


“Dimulai dari kebutuhan dasar masyarakat sampai ketersediaan infrastruktur dan fasilitas umum yang memadai, dari peningkatan kualitas ekonomi sampai kualitas pelayanan publik, ditambah lagi dengan penanggulangan pandemi Covid-19 yang komperehensif dan terintegrasi.Semua itu merupakan permasalah besar yang secara nyata sedang kita hadapai bersama,” ujarnya.


“Dalam mengatasi semua permasalahan tersebut diperlukan langkah akselerasi, inovasi, sinergita serta kerja keras komitmen bersama yang kokoh, agar semua permasalahn yang ada dapat diatasi dan pembangunan daerah dapat berjalan efektif dan lancar sesuai apa yang dicita-citakan,” imbuh Agung.


Selain itu, Agung juga megajak segenap pihak dan semua masyarakat yang sempat terkotak-kotak akibat perbedaan pandangan, pilihan maupun dukungan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk kembali bersatu, bekerja sama dan menjalin hubungan yang erat, layaknya sebuah keluarga.


“Sebagai keluarga besar yang saling mensuport satu sama yang lain, sudah pada saatnya seluruh elemen yang ada di Kabupaten Pemalang yang terdiri dari segenap aparatur pemerintahan, swasta dan masyarakat agar dapat bersatu, bergotong-royong bau membau mendukung program pembanguna daerah bagi wujud komitmen bersama mewujudkan Kabupaten Pemalang yang adil, makmur, agamis dan ngangenin,” ucap Agung dalam pidatonya.


Dalam paparannya, Agung mengungkapkan, akan berupaya mewujudkan visi dan misinya selama masa kepemimpinannya.Visinya yakni terwujudnya Kabupaten Pemalang adil, makmur, agamis dan ngangeni.Sedangkan misinya yaitu mewujudkan rasa aman, kententraman dan ketertiban masyarakat.


“Terwujudnya rasa aman, merupakan salah satu faktor pendukung dalam pembangunan daerah, tanpa adanya rasa nyama, aman, tertib dan tentram tentu akan membuat setiap kegiatan masyarakat baik sosial maupun ekonomi akan terganggu, yang akhirnya akan menyebabkan hambatan dalam proses pembangunan,” papar Agung.


Misi kedua mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, itu merupakan kunci penyelenggaraan yang efektif dan efisien serta bebas dari korupsi akan menjamin program penyelenggaraan kegiatan pemerintah  dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang direncanakan sehingga tujuan dan cita-cita pembangunan dapat tercapai.


Ketiga mewujudkan pembangunan mental dan karakter masyarakat yang agamis, toleran dan gotong royong dalam mempersiapkan diri menghadapi pengaruh globalisasi di era modern ayng seperti sekarang dimana perkembangan teknologi informasi telah menyamarkan batas-batas norma kehidupan dan kepatutan. Untuk itu perlu pembangunan karakter masyarakat yang kuat sebagai tameng dari pengaruh negatif yang datang sebagai konsekuensi globalisasi dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi.


Selain itu, terwujudnya karakter masyarakat yang agamis, toleran dan gotong royong akan memberikan dampak positif bagi terciptanya masyarakat yang guyub, rukun dan tidak mudah terprovokasi.


Keempat mewujudkan keterpaduan pembanguna pedesaan dan perkotaan dalam menyelenggarkan pembangunan yang komprehensif dan terintegrasi.Kelima mewujudkan kemandirian ekonomi berbasis pada potensi lokal, memanfaatkan potensi unggula-unggulan daerah sebagi modal membangun kemandirian ekonomi merupakan gagasan yang sangat mungkin untuk diwujudkan hal itu mengingat Kab. Pemalang memiliki banyak potensi keunggulan yang dapat dikembangkan seperti potensi alam, wisata, ketrampilan, kesenian dan kebudayaan, industri, UMKM dan masih banyak yang lainnya.


Keenam mewujudkan pembangunan infrastruktur yang kuat, berkesinambungan dalam upaya mensukseskan pembangunan daerah baik dalam aspek ekonomi, kesehatan, pendidikan, pemberdayaan dan aspek lainnya.


Menurutnya infrastrukur memegang peranan penting dalam mendukung aspek lainnya dalam keberhasilan pembangunan sebagai gambaran masyarakat, swasta pemerintahan pasti membutuhkan akses jalan, jembatan, sekolah, Puskesmas, pasar dan fasilitas umum lainnya dalam mendukung produksifitas.


Karena itu, kata Agung, diperlukan pembangunan infrastruktur yang berkesinambungan untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat.Dengan misi ini ia akan bersungguh-sungguh akan berupaya mewujudkan ketersediaan infrastruktur yang kuat sesuai dengan standar.Agung juga berjanji akan melakukan perawatan infarstruktur secara berkesinambungan, sehingga infrastruktur yang telah dibangun akan memiliki masa pakai yang lebih panjang dan kondisi yang lebih prima.


Agung berharap, dengan tersedianya infrastruktur yang kuat program-program pembangunan dapat berjalan lancar sehingga masyarakat dapat langsung merasakan manfaatnya.


Sementara, sidang paripurna DPRD Kabupaten Pemalang selain dihadiri para anggota dewan juga OPD sera tamu undangannya lainnya.(fahroji)

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.