Doni Akbar, SE Anggota MPR Dari Fraksi Golkar Beri Pemahaman Tentang Empat Pilar di Belik


JURNALPEMALANG.CO.ID, BELIK - Doni Akbar, SE anggota MPR dari Fraksi Golkar yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) X Jawa Tengah (Jateng), kembali melakukan sosialisasi tentang pemahaman empat pilar pada konstituennya pada Senin 8 Februari 2021.


Acara sosialisasi empat pilar yang digelar di Desa Bulakan, Kec. Belik itu diikuti oleh 150 peserta. Yang terdiri dari para pemuda dari berbagai elemen masyarakat di wilayah Kecamatan Belik dan Kecamatan Watukumpul.



Sosialisasi tersebut menurut Doni Akbar, untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya empat pilar agar mereka tumbuh rasa cinta pada tanah air  dan tertanam rasa nasionalismenya.


Doni Akbar dalam paparannya mengatakan, bahwa empat pilar itu adalah Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika harus tetap kokoh dan dipertahankan.


Menurutnya perubahan dinamika di negeri ini memerlukan keteguhan sikap. Berbagai gejala yang terjadi dengan segala perbedaan yang berkembang harus tetap meneguhkan rasa kebangsaan.


“Persatuan Indonesia harus dipertahankan. Seluruh anak bangsa harus semakin meneguhkan rasa kebangsaan Indonesia agar tidak memudar,” pesannya.


“Empat pilar itu harus kita pertahankan agar tetap berdiri kokoh. Pancasila sebagai dasar negara telah menjabarkan nilai-nilai keimanan, ketakwaan, kedamaian, persatuan, keadilan, mufakat, dan kesejahteraan bersama. UUD 1945 telah memberikan prinsip kekuasaan, hak asasi, demokrasi, dan gotong royong,” imbuhnya.


Menurutnya NKRI adalah wujud kesatuan negara yang terbentuk dari hasil perjuangan dan komitmen para pendahulu yang mesti dipertahankan. Bhinneka Tunggal Ika merupakan landasan yang menuntun sikap untuk senantiasa rukun dan saling menghormati serta menoleransi beragam perbedaan kita sebagai sebuah bangsa yang besar dan penuh kemajemukan.


Di hadapan  150 peserta yang hadir, Doni menghimbau agar para pemuda sebagai generasi penerus dan pemimpin masa depan harus memahami pentingnya empat pilar tersebut.


“Mari kita hargai dan teruskan perjuangan dan cita-cita para pahlawan dengan mengisi kemerdekaan ini. Tunjukkan karakter yang baik. Belajarlah dengan penuh semangat. Raih cita-cita kalian dengan upaya pantang menyerah,” tegasnya.


Sementara, Kepala Desa Bulakan Sigit Pujiono, S.Hut kyang turut hadir dalam sosialisasi tersebut menyampaikan terima kasih kepada Doni Akbar, SE yang telah memberi pemahaman tentang empat pilar pada pemuda dari dua kecamatan, terutama peserta yang berasal dari Desa Bulakan.


"Saya berharap agar peserta yang sudah mendapatkan materi tentang empat pilar agar dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari," kata Sigit Pujiono, S. Hut.(Fahroji)

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.