Pastikan Perayaan Paskah di Pemalang Aman, Wakil Bupati Pemalang Tinjau Tempat Ibadah Kristiani

(Foto dok.)

JURNALPEMALANG.CO.ID, PEMALANG - Dalam rangka memastikan situasi dan kondisi Kabupaten Pemalang aman pada perayaan Paskah, Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat bersama Forkopimda melakukan kunjungan ke beberapa tempat ibadah umat Kristiani di wilayah Pemalang pada Jum'at (2/4/2021).

"Tujuannya monitoring keamanan dan penerapan protokol kesehatan di beberapa gereja ini untuk memastikan keamanan selama 24 jam dan memantau agar kegiatan ibadat tetap mematuhi prokes," kata Mansur.

Tempat  ibadah yang didatangi Mansur yakni

Gereja Santo Lukas, Gereja Bethel Indonesia, Gereja Kristen Indonesia, GPPS Imanuel dan Gereja Kristen Jawa.

Dalam kunjungan tersebut Mansur mengatakan, selain untuk memastikan keamanan perayaan Paskah, sekaligus mengecek tentang penerapan protokol kesehatan.

"Apakah mereka menerapkan Protokol kesehatan atau tidak, seperti menyediakan tempat cuci tangan, menggunakan masker, menyediakan handsantizer dan sebagainya," ujar Mansur.



“Terkait dengan covid-19 jamaat tetap bisa ibadah tetapi mengikuti protokol kesehatan seperti menyiapkan pengukur suhu tempat cuci tangan dan penyediaan hand sanitaizer, tempatnya juga jaga jarak,” imbuh Mansur.


Dia menekankan, agar dilakukan pembatasan jamaat yang hadir di gereja, sedangkan bagi yang tidak hadir bisa beribadah di rumah menggunakan virtual seperti YouTube, dan zoom meeting.


“Kalau tidak bisa datang ke tempat ibadah bisa melakukan di rumah,” ucapnya.


Dia juga berpesan, agar umat Kristiani tetap bersemangat beribadah seperti biasa, tidak perlu takut terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan, tetap menjaga protokol kesehatan.


Pada kesempatan yang sama, Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prastyo Nugroho mengatakan, dalam melaksanakan pengamanan perayaan Paskah, pihaknya menurunkan petugas keamanan di semua titik pelaksanaan ibadah di gereja. Menurutnya, dalam melakukan kegiatan pengamanan, pihaknya dibantu oleh TNI dan beberapa Ormas Islam serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) , sebelumnya juga dilakukan sterilisasi.


” Pengamanan juga dibantu oleh Kodim 0711/Pemalang, FKUB, generasi muda lintas agama, dan Ormas Islam, artinya kita saling toleransi lintas umat beragama,” kata Ronny.


Dia berharap, dalam pelaksanaan perayaan Paskah di Kabupaten Pemalang bisa berjalan dengan aman dan lancar.(Fahroji)

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.