Pemkab Pemalang Gelar Bimtek Tentang Keterbukaan Publik

 

JURNALPEMALANG.CO.ID – Guna memberikan pemahaman tentang jenis dan kategori informasi publik, Pemkab Pemalang melalui Diskominfo Kabupaten Pemalang menggelar Bimbingan Teknis Keterbukaan Informasi Publik (pengelolaan website perangkat daerah), di salah satu hotel di Pemalang, Selasa, (25/5/2021) kemarin.


Kepala Diskominfo Kabupaten Pemalang Nugroho Budi Raharjo saat membuka kegiatan tersebut mengemukakan Undang -Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) mengharuskan badan publik untuk mengumumkan dan menyediakan informasi publik melalui saluran/media yang mudah diakses masyarakat. Beberapa media yang dianggap mudah diakses oleh masyarakat antara website dan media sosial.


Dikatakan, setelah kurang lebih 13 tahun sejak diterbitkannya UU Keterbukaan Informasi Publik, kecenderungan saat ini penilaian dan monitoring tata kelola informasi publik, bukan hanya pada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama, namun juga pada PPID Pembantu di perangkat daerah dan perusda.


“Hal itu terbukti bahwa saat ini pengelolaan keterbukaan informasi publik pada PPID Pembantu, menjadi salah satu indikator penilaian Reformasi Birokrasi,” ujar Nugroho.


Menyikapi hal tersebut, maka Pemkab Pemalang melalui Dinas Kominfo memfasilitasi website, berikut menu PPID pada masing -masing website perangkat daerah.


“Kemudian agar pengisian data sesuai dengan peraturan perundang-undangan, maka pada hari ini diadakan bimbingan teknis kepada para petugas/pengelola website PPID Pembantu,” pungkasnya.


Sementara Kabid PIKP Diskominfo Kabupaten Pemalang Agus Murdoko menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang jenis dan kategori informasi publik, selain itu juga untuk memberikan pengetahuan teknis cara upload informasi publik di website, sehingga diharapkan informasi publik dapat terpublikasi melalui website dan media sosial. Sedangkan untuk sukses dan lancarnya kegiatan tersebut pihaknya menghadirkan sebanyak lebih dari 50 peserta.*

Sumber : pemalang kab.go.id

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.