𝐏𝐞𝐫𝐢𝐧𝐠𝐚𝐭𝐢 𝐇𝐚𝐫𝐢 𝐁𝐞𝐫𝐬𝐞𝐩𝐞𝐝𝐚 𝐒𝐞𝐝𝐮𝐧𝐢𝐚 𝐁𝐞𝐫𝐬𝐚𝐦𝐚 𝐃𝐮𝐛𝐞𝐬 𝐁𝐞𝐥𝐚𝐧𝐝𝐚, 𝐀𝐧𝐢𝐞𝐬 𝐀𝐣𝐚𝐤 𝐌𝐚𝐬𝐲𝐚𝐫𝐚𝐤𝐚𝐭 𝐉𝐚𝐤𝐚𝐫𝐭𝐚 𝐆𝐮𝐧𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐒𝐞𝐩𝐞𝐝𝐚 𝐊𝐞 𝐓𝐞𝐦𝐩𝐚𝐭 𝐊𝐞𝐫𝐣𝐚

JURNALPEMALQNG.CO.ID - Dalam rangka memperingati Hari Bersepeda Sedunia Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak seluruh warga Jakarta untuk menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi menuju kantor dan aktivitas lainnya. Peringatan Hari Bersepeda Sedunia tersebut dimulai dari Bunderan Senayan, Jakarta Selatan bersama dengan para Komunitas Bike to Work, masyarakat dan duta besar negara sahabat pukul 07.00 WIB pada Kamis, (03/06).

Gubernur Anies ingin menjadikan sepeda bukan hanya kegiatan olahraga tetapai sebagai kebiasaan dalam menggunakan alat transportasi sehari-hari. Menurutnya bersepeda tidak harus mengenakan atribut khusus, melainkan bisa menggunakan pakaian biasa sehari-hari.

"Kita ingin mendorong bersepeda sebagai kebiasaan transportasi bukan saja kegiatan olahraga. Karenanya bersepeda tidak perlu harus sepeda khusus, tidak harus pakai sepatu khusus, tidak harus baju khusus. Bersepeda
saja dengan baju keseharian kita, pakai sepeda yang biasa kita gunakan, lalu gunakan sepeda itu untuk transportasi," tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa pagi tadi ia bersama dengan Duta Besar Belanda gowes dengan menggunakan batik seragam dinas setiap hari Kamis.

"Pagi ini juga begitu, Dubes Belanda gowes pakai batik, saya juga pakai batik, karena setiap Kamis kami seragamnya batik kalau di Pemprov DKI," lanjut Anies.

Anies mengajak kepada warga Jakarta untuk membiasakan menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari dimulai dengan jarak yang dekat terlebih dahulu.

"Mari mulai biasakan pakai sepeda untuk kegiatan sehari-hari, ke tempat-tempat yang jarak dekat dulu," kata Anies.

Jalur sepeda yang dibangun di Jakarta bertujuan memfasilitasi warga untuk bisa bersepeda secara aman dan ramah lingkungan. Total jalur sepeda di Jakarta saat ini adalah 63 kilometer dengan rencana tambahan tahun ini menjadi 101 kilometer. Kemudian gedung-gedung di Jakarta memiliki kewajiban untuk menyediakan tempat parkir khusus sepeda minimal 10% dari tempat parkir yang tersedia. Kemudian juga menganjurkan untuk disiapkan tempat berbilas sehingga memudahkan para pekerja yang memilih untuk bertransportasi menggunakan sepeda sehari-hari.*(red)

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.