Cegah Jalan Terkikis Air, Pemdes Gunungjaya Bangun Talud

JURNALPEMALANG.CO.ID - Meski ditengah pandemi Covid-19, Pemerintah Desa Gunungjaya, Kecamatan Belik, tetap melaksanakan pembangunan infrastruktur melalui anggaran dari dana desa tahun 2021.

Kepala Desa Gunungjaya, Sugeng Riyadi mengatakan selain untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga terdampak Covid-19, pihaknya juga menggunakan dana desa tahun 2021 ini untuk kegiatan fisik.

"Saat ini kami sedang melaksanakan kegiatan fisik berupa pembangunan Talud sepanjang 24 meter yang berlokasi di Dukuh Guci. Adapun anggarannya bersumber dari Dana Desa tahun 2021 untuk pencairan Tahap Pertama," jelas Sugeng Riyadi ditemui di lokasi pekerjaan, Sabtu (26 Juni 2021).

Menurut Sugeng, pembangunan Talud tersebut dilakukan secara bertahap. Nantinya, bangunan Talud sepanjang 24 meter itu rencananya akan disambung lagi yang pengerjaannya dilaksanakan pada pencairan dana desa tahap berikutnya. Sehingga pihaknya menargetkan pada tahun ini bisa menggarap Talud sepanjang sekira 300 an meter yang melewati beberapa pedukuhan.

"Tujuan dari pembangunan Talud ini jelas untuk pengaman jalan. Karena akhir-akhir ini jalan tergerus air. Kalau tidak segera diselamatkan dengan dibangun Talud, jalan dikhawatirkan akan terpotong," ungkapnya.

Adapun untuk teknis pekerjaannya, lanjut Sugeng, dilakukan melalui padat karya tunai. Artinya memberdayakan warga setempat sebagai tenaga kerjanya. Pihaknya juga membentuk TPK sebagai tim pelaksana kegiatan.

Diharapkan dengan padat karya tunai ini, pemanfaatan dana desa dapat dirasakan oleh warga. Disamping menciptakan infrastruktur desa menjadi lebih baik, dana desa juga dapat membantu meningkatkan perekonomian warga desa.

"Selain pembangunan Talud, kami juga melaksanakan kegiatan fisik lainnya berupa pekerjaan rabat beton yang berlokasi di Dusun Dua tepatnya di wilayah Dukuh Ringin. Rabat beton sepanjang 714 meter dengan lebar 3 meter dan tebal 15 cm itu sudah selesai dikerjakan. Dalam pekerjaan rabat beton tersebut juga dilakukan secara swakelola," pungkas Sugeng.

Penulis : Yanto

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.