Dongkrak UMKM Melalui Sosialisasi Program Integritas Ekosistem Ultra Mikro

JURNALPEMALANG.CO.ID - Pemerintah terus berupaya memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satunya adalah pembentukan program integrasi ekosistem Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Ultra Mikro. Sinergi tersebut ditujukan bagi seluruh lapisan pengusaha ultra mikro termasuk di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Program ini pun disosialisasikan anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Doni Akbar kepada para pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di Kabupaten Pemalang yang bertempat di hotel The Winners Pemalang pada Minggu (6/6/2021).

Hadir sebagai narasumber dalam acara sosialisasi tersebut, yakni Agus Prensi Bangun Pimpinan Cabang BRI Pemalang, dari PNM Irwan Djoni Matius Kepala Regional Mekar Pekalongan dan dari Pegadaian Firsta Wuriagung Baroto Deputy Bisnis Semarang.

Melalui sosialiasi tersebut, Doni Akbar berharap program integrasi ekosistem ultra mikro dapat memberikan  kemudahan pembiayaan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM.

Ia memberi pesan kepada narasumber yang berasal dari BUMN yang bersinergi dalam program integrasi ekosistem ultra mikro yang terdiri BRI, Pegadaian dan PNM dapat membantu para UMKM.

"Saya yakin integritas itu sesuatu yang sulit, tapi saya juga yakin kalau kita punya niat dengan baik, punya niat dengan tulus, Insya Allah itu bisa terlaksana, karena ini adalah pintu utama untuk membantu para UMKM agar bisa tumbuh dan berkembang," kata Doni Akbar saat memberikan arahan kepada peserta sosialisasi melalui virtual.

Dia meminta kepada nara sumber dalam memberikan materi secara sungguh-sungguh. "Apa yang direncanakan dan kita bangun bisa dijalankan dengan baik," tandas Doni Akbar.

Sebenarnya ada tiga kata kunci, kata Doni Akbar, mengapa dilakukan integrasi BUMN  yaitu antara BRI, Pegadaian dan PNM? Pertama  Pelaku Usaha Kecil  dan menengah (UMKM) Indonesia belum semua  memperoleh dukungan pendanaan yang murah dan pendampingan yang intens.

Kedua integrasi ini semangatnya adalah gotong royong, membangun sebuah rumah besar yang lebih banyak pelaku usaha mikro atau UMKM Indonesia untuk tumbuh dan naik kelas secara sosial dan finansial. Ketiga hal itu dilakukan karena itu merupakan dukungan dari pemerintah untuk memberikan keadilan bagi pelaku usaha kecil, intinya itu.

Sosialisasi integritas ekosistem ultra mikro diikuti oleh 100 peserta UMKM yang ada di Kabupaten Pemalang.(Fahroji)

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.