Rumah Gubug Milik Pemulung di Desa Pakijangan Bulakamba Ludes Terbakar Rata Dengan Tanah

JURNALPEMALANG.CO.ID – Sebuah rumah milik warga Desa Pakijangan, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes ludes dilalap si jago merah, Selasa (8/6) dini hari.

Keterangan yang dihimpun menyebutkan, awal kejadian kebakaran rumah milik Samsudin (65) warga RT/RW 01  yang sehariannya menjadi pemungut sampah itu terbakar sekitar pukul 01.00 WIB.

Rumah Samsudin yang terbuat dari geribik atau anyaman bambu terbakar ludes yang sebelumnya Samsudin bersama istri dan kedua anaknya sempat keluar rumah untuk melihat nyala api di pojokan rumah, namun karena api cepat membesar melahap dinding geribik, mereka pun tak dapat memadamkannya dan berteriak meminta pertolongan warga sekitar.

Kebakaran tersebut diduga bersumber dari api pembakaran sampah yang tertiup angin dan menyambar dinding geribik rumah korban dan kondisi api dengan cepat menyambar kerangka atap rumah sehingga upaya pemadaman api dengan air seadanya tidak berhasil namun beberapa saat kemudian mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian dan memadamkan kobaran api, akan tetapi gubuk tersebut sudah rata dengan tanah.

Kapten Infanteri Tuteng Aryolona, Danramil 07 Bulakamba Kodim 0713 Brebes membenarkan peristiwa tersebut 

Tuteng mengatakan sumber kebakaran diduga berasal dari api pembakaran sampah yang tertiup angin dan menyambar dinding bagunan rumah yang terbuat dari geribik dan bambu dengan peristiwa tersebut pihaknya langsung menugaskan anggotanya yang berada di lokasi untuk melakukan himbauan kepada warga agar berhati-hati saat membakar sampah, yakni menjauhkan dari pemukiman dan memperhatikan arah angin.

Dikatakan Tuteng, dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa namun kerugian materiil ditaksir mencapai sekitar Rp. 60 juta.

“Kita juga himbau ke warga agar memastikan puntung rokok mati sebelum dibuang, dan tidak membuangnya ditempat sembarangan,” himbau Tuteng - (*)

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.