Lima Penerbang Tempur TNI AU Sandang Kualifikasi Fighter Weapon Instructor

JURNALPEMALANG.CO.ID - Asops Kasau Marsda TNI M. Khairil Lubis menutup Fighter Weapon Instructor Course (FWIC) TNI AU 2021 secara virtual dari Mabesau, dan diikuti oleh para Graduate FWIC dari ruang Teddy Kustari Lanud Iswahjudi, Selasa (3/8/21).

FWIC TNI AU tahun 2021 ini, merupakan yang pertama diselenggarakan secara mandiri oleh TNI AU dan diikuti oleh 5 orang penerbang tempur TNI AU  yang akan diproyeksikan menjadi penasehat bidang pertempuran udara, baik pada tingkat taktis maupun tingkat operasional,  dimana dilibatkan juga pesawat tempur asal Skadron para candidate FWIC yakni pesawat Sukhoi SU-27/30, F-16 Fighting Falcon, T-50i Golden Eagle dan pesawat EMB-314 Super Tucano. 


Dalam sambutannya Asops Kasau menyampaikan pelaksanaan Fighter Weapon Instructor Course (FWIC) ini merupakan salah satu upaya TNI Angkatan Udara dalam bidang pembinaan awak pesawat tempur sehingga memiliki kemampuan lebih agar dapat melatih dan meningkatkan kemampuan para penerbang tempur lainnya.

Lebih lanjut Asops Kasau menyampaikan apresiasi Pimpinan TNI AU atas keberhasilan penyelenggaraan FWIC ini, selain keberhasilan mengakomodir kekuatan dan sumber daya, yang utama yakni keberhasilan dalam menjaga kualitas lulusannya.

Terakhir Asops berharap sebagai seorang Fighter Weapon Instructor, para graduate nantinya dapat menunjukkan kemampuan di setiap penugasan baik operasi maupun Latihan.


FWIC ini sendiri diselenggarakan selama 4 bulan dan dibagi dalam dua tahap, yakni  Ground Training dan Flying Training. Ground Tarining dilaksanakan di gedung Air Combat Maneuvering Instrumentation (ACMI), sementara untuk Flying Training di local training area Lanud Iswahjudi dan Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Adapun kelima penerbang tempur yang baru saja mendapatkan kelulusan pada FWIC ini yakni Mayor Pnb Ferry Rachman ( Skadron Udara 3), Mayor Pnb Satria Tikwana (Skadron Udara 11), Mayor Pnb Kurniadi Sukmo Djatmiko (Skadron Udra 15), Mayor Pnb Eri Nasrul Mahlidar (Skadron Udara 16), dan Mayor Pnb Dedy Pratomo (Skadron Udara 21).

Turut mengikuti penutupan FWIC secara virtual ini Kaskoopsau II Marsma TNI Widyargo Ikoputra, S.E., M.M., Danlanud Iswahjudi, Marsma TNI M. Untung Suropati, SE, dan sejumlah pejabat Lanud Iswahjudi.

Editor : Oji 

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.