Sedekah Laut di Ketapang Ulujami Kali ini, Digelar Secara Sederhana

JURNALPEMALANG.CO.ID - Saat bulan Muharam sudah tradisi untuk para nelayan mengadakan acara meriah di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dalam acara sedekah laut. Namun dalam masa pandemi para nelayan di TPI Desa Ketapang, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, hanya membawa sesaji ke tengah laut.

Rusdi salah satu pengurus mengatakan, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 dan juga sedang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) acara sedekah laut tersebut diadakan secara sederhana untuk menghidari kerumunan.

"Kita bermusyawarah bersama para nelayan dan memutuskan agar tidak ada kegiatan yang menimbulkan kerumunan," kata Rusdi, saat ditemui di TPI Ketapang, Selasa (24/21).

Lanjutnya, dengan kesepakatan para nelayan acara sedekah laut diadakan secara sederhanan hanya dengan membuat sesaji tumpeng yang dibawa kelaut.

"Yang penting uri-uri adat nelayan setiap bulan Muharam itu mengadakan sesaji larung laut," terangnya.

Sementara itu Sutopo Kepala Desa Ketapang menyampaikan Pemerintahan Desa sebelumnya sudah menghimbau kepada para nelayan agar tidak membuat acara besar pada saat pandemi.

"Ya walaupun pada tahun sebelumnya pandemi selalu diadakan acara meriah, tapi untuk saat pandemi saya menghimbau agar acara cukup sederhana saja. Alhamdulillah para nelayan mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak membuat acara yang menimbulkan kerumunan," pungkasnya.(Sasongko)

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.