SMK Satya Praja 2 Petarukan Kenalkan Dunia Industri, Lewat KI Virtual

JURNALPEMALANG.CO.ID -  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Satya Praja 2 Petarukan bekerjasama dengan perusahaan melakukan kunjungan industri secara online untuk mengenalkan siswanya pekerjaan di perusahaan yang nantinya untuk bekerja. Kunjungan dilakukan secara virtual lantaran saat ini sedang dalam masa Pandemi COVID-19. 

Kepala SMK Satyapraja 2 Petarukan, Purwo Setya Witanto mengatakan, sebelum pandemi COVID-19 untuk siswa kelas X diakhir tahunnya mengadakan kegiatan kunjungan ke industri. Hal ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada siswa tentang budaya industri, dan sistem rekrutmennya.

"Sekarang pandemi kan susah, jadi kita adakan kunjungan industri secara online. Minimal siswanya mengenal perusahaan bagaimana budaya industrinya, walaupun secara virtual," kata purwo, Jumat, (27/21).

Menurutya, berkunjung ke tempat industri secara virtual dilakukan secara bergantian pada masing-masing jurusan yang ada. Meski melalui jarak jauh, namun kunjungan tersebut setidaknya dapat mengenalkan perusahaan kepada siswa.

"Kemarin kunjungan industri bersama PT. Gaya Motor yang membuat aksesoris mobil yang dilakukan siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO). Berikutnya nanti  jurusan Teknik Audio Video (TAV) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) berkunjung ke Avokasi Semarang. Jadi setiap jurusan berbeda," ungkapnya.

Dia menghendaki agar sekolah itu jangan sampai stagnan.  Sekolah kata dia, harus bisa mencari terobosan baru dan ini yang dilakukan SMK Satyapraja 2 Petarukan.

"Ini bagian dari kami untuk mengfasilitasi siswa/siswi kami. Dan ini semua difasilitasi sekolah. Yang penting dijalani agar tahu kondisinya. Bisa tanya jawab terutama adalah persyaratan rekrutmennya karena perusahaan pasti berbeda. Saya harap setahun ini siswa mempersiapkan diri agar setelah lulus nanti bisa bekerja di perusahaan," pungkasnya. (Sasongko/yanto)

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.