Tetap Produktif Selama Pandemi Covid-19 di Kantor dan di Rumah Dengan KRPL

 


JURNALPEMALANG.CO.ID – Anggota Staf Teritorial Kodim 0713 Brebes menghidupkan kembali Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dengan memanfaatkan pekarangan di sekitar kantor.Hal tersebut disampaikan Peltu Didit, Rabu (4/8).


Didit mengatakan pihaknya memanfaatkan polybag, styrofoam box, pipa paralon, dan juga sekam bakar dicampur tanah dan pupuk kandang sebagai tempat tanam.


Baca juga : Kecamatan Brebes Dapat 1000 Kantong Beras Kemasan 5 Kg Dari CSR. Dibagikan Warga 5 Desa Secara Road Show


“Kita akan menanam terong, seledri, sawi, dan kangkung sebagai percontohan bagi anggota lainnya,” katanya 


Dikatakan Didit, percontohan KRPL itu juga sebagai pilot project bagi para Babinsa di 17 Koramil jajaran Kodim Brebes, serta bagi warga masyarakat di desa binaan masing-masing Babinsa.


“Nantinya warga masyarakat kita ajak untuk memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai sebagai media tanam di sekitar pekarangan rumah,” ujarnya. 


Menurut Didit dengan mengeksplorasi pekarangan sempit di sekitar rumah untuk berkebun sesuai contoh maupun secara hidroponik, diharapkan dapat membantu pemenuhan protein nabati keluarga selama pandemi covid-19, selain menjadikan pekarangan lebih asri dan sejuk.


“Walaupun sifatnya kecil namun minimal dapat menghemat biaya pemenuhan kebutuhan sayur sehari-hari saat mulai panen nanti,” tandasnya.


Baca juga : Politeknik HarBer Kota Tegal Adakan Workshop Pelatihan Digital Dengan Tema "Mbatik Digital Nganggo Inkscape"


Lanjut dia berkebun kecil-kecilan juga akan menjadikan kesibukan baru sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi aktivitas keluar rumah selama pemberlakuan PPKM dari pemerintah.


“Motivasi KRPL sangat bagus sebagai bahan penyuluhan para Babinsa di tengah-tengah warga binaannya,” pungkasnya. (aan/imam)

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.