Warga Desa Gandu Sambut HUT RI Ke-76

JURNALPEMALANG.CO.ID - Warga Desa Gandu, Kecamatan Comal tampak antusias dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76. Buktinya, disepanjang jalan utama Desa Gandu dimeriahkan dengan pemasangan bendera Merah Putih dan ornamen lampu hias.

Kepala Desa (Kades) Gandu Solikhin mengatakan pemasangan bendera Merah Putih dan lampu hias memang sudah direncanakan pada awal bulan Agustus. Dirinya kemudian bermusyawarah dengan para Kepala Dusun (Kadus) guna menyambut HUT RI Ke-76.


"Walaupun masih belum bisa merayakan karena masih pandemi tapi paling tidak masih bisa kelihatan meriah," kata Solikhin di kantornya, Selasa (10/8/21).


Ia melanjutkan, dalam musyawarah itu para Kadus mengusulkan supaya dilakukan pemasangan bendera dan lampu hias sebanyak mungkin. Mendengar usulan itu, dirinya lalu mengutus Kadus untuk berkoordinasi dengan pihak RT guna  melaksanakan apa yang sudah menjadi usulan tersebut.

"Kebetulan pada Minggu pertama bulan Agustus, tepatnya hari Jum'at 6/8/2021, sekaligus Jum'at bersih kita siapkan untuk pemasangan lampu - lampu. Saya merasa senang dengan semangat para Rt yang sangat luar biasah," tuturnya

Pada saat itu ternyata bambu untuk lampu sudah disiapkan. Solikhin mengaku bangga dengan kinerja para Kadusnya hingga mereka menargetkan pada malam minggu sudah terpasang setidaknya 90 persen.


"Saat saya cek malem minggu ternyata sudah meriah dengan hiasan lampu. Alhmdulillah walaupun masa pandemi masih tetap semangat untuk memperingati Hari Kemerdekaaan Republik Indonesia ini tetap berjalan dengan meriah," terangnya.

Ditanya terkait anggaran kegiatan itu, Solikhin menjelaskan anggaran kegiatan tersebut nantinya diambil dari Pendapatan Asli Desa (PAD) untuk lampu hiasnya, dan untuk benderanya itu kesadaran dari warga.

"Saya sudah koordinasi dengan pak Kadus, kita menyiapkan dari desa itu lampunya, yang diambil dari anggaran PAD. Kalau bendera itu kesadaran dari warga, dan untuk pemasangannya anggaran swadaya dari RT, RW," jelasnya.(songko)

*Berita ini juga tayang di Emsatunews.co.id (Satu Grup)

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.