Rencanakan arah pembangunan 2022, BPD bersama Pemdes Klareyan Gelar Musdes untuk menentukan Rencana Kegiatan Pemerintah Desa (RKPDes)

JURNALPEMALANG.CO.ID - Musyawarah Desa (Musdes) Perencanaan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2022 Desa Klareyan , Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang  digelar pada Kamis  (3/9/2021), yang bertempat di Pendopo Kantor Desa Klareyan.


Turut hadir dalam acara tersebut forkompinca Petarukan beserta Pendamping Desa. BPD ,  Tokoh masyarakat serta Lembaga Desa juga terlihat ikut dalam kegiatan ini.

Camat Petarukan Sukisman  yang diwakili Kasi PMD Dulyani dalam sambutannya sekaligus membuka RKPDes tersebut, berharap Musdes ini sebagai instrumen penilaian kinerja Perangkat Desa, dalam mengukur efektivitas pelaksanaan tugasnya.

“Musyawarah RKPDes ini sebagai perencanaan tahunan untuk mencapai tujuan akhir yang ditetapkan di dalam RPJM Desa" ucapnya.
Kasi PMD juga mengingatkan agar Pemdes memprioritaskan beberapa kegiatan yang sempat tertunda dan yang terpenting tidak menyimpang dari RPJMD yang telah ditentukan sebelumnya.
"Selain itu program pengentasan kemiskinan juga diharapkan dapat terlaksana melalui Padat Karya Tunai misalnya" imbuhnya.

Sementara Kepala Desa Klareyan Wiharnyo kepada media mengatakan, maksud dari Musdes RKPDes ini adalah guna tercapainya penyusunan rencana kerja Pemerintah Desa yang merupakan kerangka acuan bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa dalam menyusun program dan kegiatan tahunan yang sinergis sesuai tugas pokok dan fungsinya untuk mewujudkan tercapainya visi dan misi yang telah ditetapkan dalam RPJMDesa.

“RPJMDesa juga merupakan instrumen kinerja Perangkat Desa dalam mengukur efektifitas pelaksanaan tugasnya serta sebagai instrumen akuntabilitas dan transparansi manajemen Pemerintah Desa oleh masyarakat maupun elemen pemerhati pemerintahan yang berkepentingan memantau kinerja Pemerintah Desa,” terangnya.

Wiharnyo  juga menuturkan, Musdes ini untuk menentukan arah kegiatan Pemerintah dalam satu tahun kedepan.

“Rencana kegiatan pembangunan tahun 2022 merupakan usulan yang diajukan dalam Musyawarah Desa ditambah dengan usulan hasil dari rembug stunting,” Ujar Kades

 
Ditambahkannya, kepada semua yang hadir agar apa yang diusulkan masyarakat kepada Pemerintah Desa melalui musyawarah ini nantinya dapat benar-benar bermanfaat bagi Desa dan Masyarakat Desa Klareyan.

Dari pantauan Media ini acara tersebut berjalan aman, tertib dan lancar serta yang hadir semua tetap mengikuti anjuran Pemerintah dan Protokol Kesehatan dengan mencuci tangan pada air yang mengalir, serta semuanya memakai masker, dan jaga jarak.(yus)

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.