Camat Petarukan Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2021

JURNALPEMALANG.CO.ID - Camat Petarukan Sukisman, MA menjadi pembina upacara Peringatan Hari Santri 2021 yang berlangsung di lapangan Desa Kendaldoyong Kecamatan Petarukan  Sabtu, 23 Oktober 2021.

Dalam upacara tersebut, hadir pula Kapolsek Petarukan Iptu Agus Soleh, SH, para pengurus NU beserta banser Kecamatan Petarukan serta tokoh masyarakat di wilayah kecamatan Petarukan.

Untuk peserta dan petugas upacara  dari semua unsur yang ada di kecamatan Petarukan seperti banser NU, Fatayat NU, pondok pesantren serta pelajar . 

Ketua Panitia Peringatan Hari Santri Nasional th 2021 Ahmad Junaedi menjelaskan bahwa Tema peringatan tahun ini yaitu "Santri Siaga Jiwa Dan Raga". "Melalui tema ini, diharapkan santri siaga jiwa raga untuk dibaktikan kepada agama, bangsa dan negara. Membentengi dan menjaga NKRI, Pancasila sebagai dasar negara, serta Bhineka Tunggal Ika dan UUD 1945," jelasnya.

Pada tahun ini, pengesahan Peraturan Presiden (Perpres) No. 82/2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren mewarnai peringatan hari santri nasional. Jajaran pondok pesantren kini bisa lebih leluasa untuk mengembangkan kualitas maupun sarana pendidikan, termasuk dasar hukum bagi pemerintah daerah wajib untuk mengalokasikan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sesuai kewenangan untuk membantu pesantren.

Menanggapi hal itu, Sukisman mengatakan pihaknya siap menerapkan kebijakan pendanaan pesantren.

"Implementasi pendanaan pesantren belum dilakukan karena aturannya juga baru. Tapi mudah-mudahan segera terealisasi," tegasnya.

Upacara berlangsung dengan khidmat dan lancar. Setelah upacara selesai peringatan HSN kali ini juga diselingi dengan unjuk kebolehan dari Silat Pagar Nusa Banser NU Kecamatan Petarukan. (Yus)

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.