Humas Bukan Sekadar Tukang Foto

JURNALPEMALANG.CO.ID - Peran Humas atau Publik Relation (PR) dalam menjalankan tugasnya bukan hanya sekadar tukang foto. Tetapi, menjadi kepanjangan tangan seorang pimpinan sebagai interpretasi institusi tertentu. Untuk itu, Humas harus memiliki kemampuan membangun citra terbaik dari institusi dimana dia bekerja.

Demikian disampaikan Publik Relation Grand Candi Hotel Semarang Yulia SKB saat Temu Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Kabupaten Brebes dan Sosialisasi Cukai di Aula Baperlitbangda, Jalan P Diponegoro, Brebes, Senin (22/11).

Kata Yulia, Humas juga harus menyampaikan publikasi dan menjalin hubungan yang baik dengan semua pihak. Jalinan yang intensif dengan ‘menjual’ nilai-nilai kebaikan kepada khalayak maka akan tumbuh citra positifnya. 

“Hubungan baik tersebut, nantinya akan menjadi salah satu cara atau upaya menangkal dan mengatasi suatu masalah,” terang Julia.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupeten Brebes Tatag Koes Adianto menjelaskan, Bakohumas dilingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMD/BUMN serta Instansi vertikal perlu ditingkatkan kapasitasnya. Meskipun diakui sudah berjalan dan berfungsi sebagaimana mestinya. Hanya saja, semakin kedepan kompleksitas persoalan makin beragam dan rumit yang membutuhkan peran humas untuk memberikan solusi. Untuk itu, personalia humas perlu dibekali ilmu kehumasan untuk peningkatan dan pengefektifan peran kehumasan yang lebih berkapasitas dan berkualitas. 

Tatag berharap, setelah pertemuan ini ada peningkatan kapasitas dan kualitas Bakohumas OPD/BUMD/BUMN dan instansi vertikal di Kabupaten Brebes. Humas harus mampu gerak cepat (Gercep) dalam turut serta mengatasi masalah dan melakukan pembentukan citra positif. 

Kepala Bidang Komunikasi dan Kehumasan Dinkominfotik Brebes Lusiana Indira Isni menjelaskan, peserta selain diberikan pemahaman tentang kehumasan juga mendapatkan  sosialisasi Undang undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai. Kegiatan tersebut diikuti 50 peserta, perwakilan Bakohumas se Kabupaten Brebes.

Keberadaan Bakohumas di tiap kecamatan, OPD, Instansi vertikal, BUMD / BUMN saat diperlukan perannya. Apalagi diera digitalisasi, yang mentut pelayanan prima dari semua semua institusi kepada masyarakat. 

Turut memberikan materi, Asisten bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Brebes Tety Yunliana MPd, Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai Tegal.(*)

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.