MDMC Kabupaten Pemalang Gelar Latgab Siap Siaga Penanganan Bencana Bersama Ortom Muhammadiyah Daerah Pemalang

JURNALPEMALANG - Minggu, 7 Nopember 2022 , bertempat di obyek wisata Pemandian Moga , Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) atau  Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab.Pemalang menyelenggarakan Latihan Gabungan Penanganan Bencana bersama Ortom Muhammadiyah dalam rangka Milad Muhammadiyah ke 109.

Erwin Ediyanto Erapraja selaku Ketua LPB PDM Pemalang menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bukti keseriusan Muhammadiyah dalam partisipasinya membantu pemerintah menyiapkan dan menyiagakan kadernya dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana , mengingat daerah Pemalang memiliki kerawanan pada wilayah wilayah tertentu mengalami bencana banjir di musim penghujan ini.

Lebih lanjut dia berharap, agar semua peserta dapat mengikuti kegiatan pelatihan dengan baik dan sungguh sungguh, untuk menjadi bekal dalam komunitas ortom masimg masing. "Sehingga seluruh komponen persyarikatan  Muhammadiyah memiliki kemampuan manajemen posko, penanganan bencana, psikososial pasca bencana , penanganan medis dan pengelolaan dapur umum," kata Erwin dalam kata sambutannya.

Dalam pelatihan tersebut seluruh peserta juga diajarkan langsung evakuasi korban banjir menggunakan perahu karet.

Kordinator Posko Bencana LPB Pemalang Abdul Rokhman menambahkan bahwa pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih 60 peserta terdiri dari utusan PDPM, PD NA, PD.IPM, IMM, Tapak Suci, tenaga medis RS Muhammadiyah, Kwarda HW, Dikdasmen, 00 Lazismu, dan Ibu ibu Aisyiyah IGABA Kab Pemalang.
Latgab Pelatihan tersebut ditutup oleh dr. Maezi  mewakili PDM Kabupaten Pemalang.

Dalam sambutannya beliau berpesan agar seluruh  materi pelatihan yg sudah diterima peserta benar benar bisa dijadikan ladang amal solih dalam kehidupan berorganisasi, bermasyarakat dan berbangsa.(Tuko Chaeron)

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK DAN SESUAIKAN DENGAN TEMA PEMBAHASAN

Powered by Blogger.