terkini

Iklan

Jelang Nataru, Forkompimda Kabupaten Pemalang Sidak Harga Sembako

24/12/21, 20:56 WIB Last Updated 2021-12-24T13:56:59Z
JURNALPEMALANG.CO.ID - Menjelang Hari Natal dan Tahun Baru ( Nataru ) biasanya harga sembako di pasar tradisional mengalami kenaikan harga. Oleh karena itu untuk mengantisipasi terjadi lonjakan kenaikan harga yang signifikan jajaran Forkompimda Kabupaten Pemalang melakukan sidak  langsung ke pasar  tradisional di wilayah Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah pada Jum'at (24/12/2021).

Pasar pagi Pemalang menjadi sasaran pertama untuk disidak, tampak Bupati Pemalang yang diwakili oleh Wakil Bupati Mansyur Hidayat didampingi oleh Kapolres Pemalang AKBP. Ari Wibowo dan pejabat Forkompimda lainnya dengan dipandu oleh kepala Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan  ( Diskoperindag ) Hapi Priyanto dan Kepala Pasar pagi Pemalang Fatoni tampak berjalan menyusuri lorong pasar sambil menanyakan harga sembako kepada pedagang dari berbagai macam jenis perdagang baik dari sayur, buah, ikan, daging, hasil bumi dan lainnya.

Diwawancarai selesai sidak Wabup. Pemalang Mansyur Hidayat mengatakan secara umum harga sembako stabil. "Secara umum harga sembako stabil kalau toh ada kenaikan harga ya sedikit itu terjadi pada daging ayam yang lainnya normal dan kami berharap dengan adanya Nataru ini harga sembako tidak ada lonjakan yang signifikan dan tetap masih terjangkau oleh masyarakat," ujarnya singkat.

Hal senada dikatakan oleh Kapolres Pemalang AKBP. Ari Wibowo, is juga ingin mengetahui harga sembako jelang Nataru.
"Kami bersama Forkompinda sama- sama mengecek kestabilan harga sembilan bahan pokok dan hasil yang kami dapatkan rata - rata harga stabil dan kalaupun ada yang naik hanya sedikit, kami  berharap harga tidak ada ketimpangan kenaikan nya yang terlalu tinggi sehingga masyarakat tidak perlu khawatir ," kata Kapolres.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres juga mengingatkan kepada warga agar selalu mejaga protokol kesehatan."Pada prinsipnya pasar adalah tempat kerumunan oleh karena itu pegawai pasar, pedagang dan para pembeli tetap mematuhi protokol kesehatan dari cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak," imbuh Kapolres.

Sementara itu Hapi Priyanto Kadiskoperindag yang memandu sidak tersebut mengatakan, jika  ada kenaikan harga yang signifikan akan segera melakukan koordinasi dengan Forkompinda sampai dengan Nataru 2021 berlangsung dan mengenai standar harga sembilan bahan pokok. "Sudah kami standarisasikan dengan harga dari pemerintah namun ada beberapa harga sembako yang harganya sifatnya bebas ," kata Hapi.

Ditambahkan oleh Hapi, sesuai dengan pantauan kami setiap hari melalui sistem informasi harga kecenderungan harga untuk Nataru sementara ini masih stabil dan tentunya kami harapkan kepada para pedagang tidak ada penimbunan sehingga kesediaan bahan pokok tersebut selalu ada tentunya untuk menjaga kenaikan harga yang tidak signifikan setiap hari untuk hal tersebut setiap hari ada petugas yang selalu cross cek harga reel dilapangan dan informasi dari masyarakat menjadi salah satu bahan laporan dengan harapannya jangan sampai ada harga yang melonjak.

Sementara itu Fatoni kepala pasar Pagi Pemalang saat diwawancarai secara terpisah menyampaikan, kestabilan harga di pasar pagi dipantau serial hari. "Kami pantau setiap hari, hal ini kami lakukan untuk antisipasi dan untuk keluhan dari pembeli kami juga selalu menampungnya hal ini kami lakukan untuk bisa mengambil langkah kestabilan harga dan sa'at ini harga yang melonjak adalah daging ayam agak mengalami kenaikan dan berharap baik pegawai, pegang, dan pembeli tetap menjaga prokes," pungkasnya.( Jolong)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jelang Nataru, Forkompimda Kabupaten Pemalang Sidak Harga Sembako

Terkini

Iklan