Iklan

terkini

Iklan

Cloud Hosting Indonesia

KNTI, Hari Nusantara : Laut Sumber Kemakmuran Bersama

13/12/21, 22:19 WIB Last Updated 2021-12-13T15:21:16Z
JURNALPEMALANG.CO.ID -  Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Kabupaten Pemalang  mengadakan peringatan Hari Nusantara dimulai dari Kantor DPD KNTI Pemalang di Jalan Yos sudarso Pantai utara-Sugihwaras, Senin (13/12/2021).

Peringatan Hari Nusantara digelar dalam bentuk kegiatan yang meliputi parade perahu di laut utara Pemalang, aksi damai penyampaian hak-hak melayan dan wanita nelayan, senam massal wanita nelayan, bersih-bersih Pantai dan donor darah. 

Ketua DPD KNTI Pemalang Suritno dalam orasinya menyampaikan bahwa kegiatan utamanya adalah penyampaian aspirasi nelayan kecil tradisional dalam memperoleh hak-haknya yang dijamin Undang-Undang.

“Hari Nusantara sangat penting maknanya bagi nelayan, ini merupakan momentum untuk membangun pondasi pembangunan Indonesia berbasis kelautan yang mensejahterakan rakyat," kata Suritno.

Peringatan Hari Nusantara menjadi momentum bagi nelayan kecil tradisional untuk mendesak pemerintah terus meningkatkan pemenuhan hak-hak nelayan. Terdapat 5 catatan utama terkait dengan pemenuhan hak-hak nelayan:

Pertama, kemudahan akses BBM subsidi bagi nelayan kecil.

Kedua, susah  dan mahalnya pembuatan PAS kecil yang seharusnya gratis

Ketiga,  Mengingatkan bahwa Hak nelayan akan KUSUKA sebagai satu-satunya identitas usaha Kelautan dan Perikanan.

Keempat, jaminan keselamatan dan keamanan nelayan di wilayah Tangkap Perikanan

Kelima, pemberdayaan wanita nelayan dalam rangka penguatan ekonomi Wanita Nelayan/Pesisir.

Hari Nusantara adalah momentum bagi Indonesia meneguhkan kembali cita-cita pendiri bangsa untuk menjadikan laut sebagai pemersatu dan laut sumber Kemakmuran Bersama. "Sekaligus menjadi momentum untuk pemenuhan hak-hak nelayan seperti yang di amanatkan oleh undang-undang no 7 tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudi Daya Ikan, dan Petambak Garam, " tutup Suritno dalam rilis yang dikirim ke Redaksi JP.(*/JL)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KNTI, Hari Nusantara : Laut Sumber Kemakmuran Bersama

Terkini

Iklan