Iklan

terkini

Iklan

Cloud Hosting Indonesia

Peduli dan Bangga Pemalang AMAN di HUT Ke 447 Pemalang

24/01/22, 13:00 WIB Last Updated 2022-01-25T08:40:44Z
JURNALPEMALANG.CO.ID - Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pemalang dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pemalang Ke – 447 Tahun 2022 cukup Istimewa dikarenakan dilaksanakan di Gedung DPRD Pemalang yang baru ditempati dan dihadiri oleh Bupati serta Walikota tetangga, mantan Bupati dan wakil Bupati Pemalang, semua anggota DPRD Pemalang, Forkompimda Pemalang dan para pejabat OPD Kabupaten Pemalang. " Semoga kehadiran Bapak dan Ibu akan semakin mempererat ikatan silaturahmi yang telah terjalin dengan baik.
Hadirin Rapat Paripurna DPRD yang berbahagia, saya sampaikan, bahwa peringatan Hari Jadi ke - 447 Kabupaten Pemalang Tahun 2022 mengusung tema, yaitu “Peduli dan Bangga Pemalang AMAN (Adil, Makmur, Agamis dan Ngangeni )” dan sangat tepat kiranya apabila kita maknai tema tersebut, sebagai suntikan semangat yang memotivasi dan mendorong kita semua untuk berubah dan bangkit mewujudkan kesejahteraan serta kemajuan daerah yang selama ini kita impikan. Oleh karena itu, saya mengajak segenap komponen yang ada di Kabupaten Pemalang, untuk terus bekerja keras, bergotong royong, bahu membahu, serta bersinergi mendukung suksesnya pelaksanaan program Dewi (Desa Wisata), Dedi (Desa Digital), Desi (Desa Sinergi) serta Koin (Kota Industri) sebagai program - program unggulan yang tertuang dalam dokumen RPJMD Kabupaten Pemalang Tahun 2021-2026," kata Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo mengawali sambutannya di pada rapat paripurna dalam rangka memperingati hari jadi ke 447 Kabupaten Pemalang depan Anggota DPRD Pemalang dan tamu undangan lainnya pada Senin (24 /01/2022 ).

Bupati juga mengajak semua elemen untuk bersinergi ,"Kita semua untuk bersinergi dalam pembangunan daerah, tema hari jadi Kabupaten Pemalang ke-447 Tahun 2022 juga mengandung makna tentang refleksi (kilas balik) kondisi yang saat ini kita alami, yaitu keprihatinan adanya pandemi Covid-19. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa telah hampir 2 (dua) tahun, kita terpaksa merasakan masa-masa sulit akibat mewabahnya Covid-19 di Indonesia. Begitu banyak dampak negatif yang ditimbulkan, baik dalam aspek kesehatan, aspek sosial maupun aspek ekonomi rakyat, akibatnya banyak warga yang merasakan kesedihan karena kehilangan anggota keluarganya, kehilangan pekerjaannya, serta kehilangan unit usahanya yang terpaksa tutup / gulung tikar. Hal tersebut tentu menjadi perhatian kita bersama, untuk bersama - sama bangkit dan memulihkan keadaan ," imbuh Bupati.

Masih kata Bupati, di balik itu semua, dapat kita petik hikmah yang luar biasa, dimana kita diajarkan untuk memiliki rasa peduli terhadap sesama. Hal itu tercermin selama pandemi berlangsung, banyak pihak yang berasal dari berbagai latar belakang, secara sukarela membantu saudara-saudara kita yang kesulitan. Dari hal tersebut, kita belajar bahwa kita tidak sendiri, kita kuat dan kita mampu karena kita bersatu. 
Demikian halnya dalam pelaksanaan program - program pembangunan daerah, saya mengajak seluruh warga masyarakat Kabupaten Pemalang untuk bergotong-royong dan peduli terhadap kemajuan Kabupaten Pemalang. Dalam rangka mewujudkan kemajuan tersebut, Pemerintah Daerah tentu tidak dapat bekerja sendiri, dibutuhkan dukungan serta partisipasi dari seluruh komponen masyarakat agar pelaksanaan program - program unggulan dapat berjalan lancar dan sukses. 
"Di samping memiliki rasa peduli, seluruh warga masyarakat Kabupaten Pemalang juga diharapkan memiliki rasa bangga terhadap daerahnya. Kebanggaan itulah yang menjadi dukungan dan dorongan dalam mewujudkan kemajuan daerah. Salah satu implementasi dari rasa bangga terhadap daerah adalah dengan mencintai, mendukung dan menggunakan produk - produk buatan lokal Kabupaten Pemalang. Dengan mencintai dan menggunakan produk lokal, maka secara tidak langsung kita telah mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, dan kita juga telah berkontribusi pada perkembangan kemajuan UMKM di Kabupaten Pemalang.
Selain menggunakan produk-produk lokal, rasa bangga kepada daerah juga bisa kita lakukan dengan mempromosikan potensi-potensi unggulan daerah, baik itu potensi pariwisata, budaya, kerajinan maupun potensi lainnya. Dengan mempromosikan pariwisata yang kita punya, maka secara tidak langsung kita juga telah mendukung kemajuan sektor pariwisata di Kabupaten Pemalang," ungkap Mukti Agung Wibowo.

Sebagai warga masyarakat Kabupaten Pemalang, kita juga harus bangga kepada  kebudayaan yang kita miliki. Mari bersama kita tunjukkan kepada khalayak, bahwa warga masyarakat Kabupaten Pemalang merupakan warga masyarakat yang ramah, berkarakter, agamis serta menjunjung tinggi nilai-nilai budaya daerah. Saya juga ingin mengucap syukur Alhamdulillah, karena meskipun dengan segala keterbatasan maupun keprihatinan akibat pandemi Covid-19, namun program dan kegiatan pembangunan Kabupaten Pemalang di tahun 2021 dapat berjalan baik dan lancar. Dalam mendukung efektifitas dan efisiensi kinerja Pemerintahan, saya senantiasa memberikan perhatian dalam setiap tahap penyelenggaraan tata kelola pemerintahan, baik itu perencanaan, pelaksanaan, monitoring, maupun evaluasinya.
Saya juga ingin menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD, rekan-rekan anggota Forkopimda, para Kepala Perangkat Daerah, para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat maupun pihak-pihak lain yang telah bekerjasama mendukung pelaksanaan berbagai program dan kegiatan Pemerintah Daerah. Sinergitas yang terjalin antar pemangku kepentingan serta dukungan dari partisipasi masyarakat, telah membawa Kabupaten Pemalang berhasil meraih berbagai prestasi dan penghargaan, baik dalam bidang pembangunan maupun urusan penyelenggaraan pemerintahan dan reformasi birokrasi.

 "Perkenankan saya untuk menyampaikan beberapa capaian prestasi yang telah diraih Kabupaten Pemalang selama tahun 2021, diantaranya yaitu: Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) peringkat Madya yang kedua kalinya, dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia;
Penghargaan kelima kali Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun 2021 dari Menteri Keuangan Republik Indonesia.
Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dengan kategori Madya dari Pemerintah Pusat atas pelaksanaan Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan di Kabupaten Pemalang.
Penghargaan Smart Branding Gerakan Menuju Smart City dari Kemenkominfo Repubulik Indonesia atas pencapaian penyusunan masterplan dan implementasi program kota cerdas (smart city).
Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 dari Ombudsman Republik Indonesia, sebagai komitmen Pemerintah Kabupaten Pemalang memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Selain itu, masih terdapat beberapa penghargaan lain yang di raih Kabupaten Pemalang di tingkat daerah, baik di tingkat provinsi maupun Kabupaten yang tidak bisa saya sampaikan satu persatu," papar Bupati Pemalang.
Keberhasilan pembangunan dan prestasi yang telah diraih selama ini, hendaknya tidak membuat kita cepat berpuas diri. Keberhasilan tersebut sudah sepatutnya menjadi pemacu semangat kita untuk membawa Kabupaten Pemalang lebih baik lagi. Harus dipahami bahwa, ke depan tantangan yang akan kita hadapi dalam pembangunan daerah, pasti akan semakin berat dan kompleks, potensi permasalahanpun akan semakin beragam. Untuk itu, diperlukan adanya langkah-langkah strategis dan sinergis yang melibatkan seluruh stakeholders di Kabupaten Pemalang sebagai solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi. Sebelum menutup sambutan ini, sekali lagi saya ucapkan ,“Selamat Hari Jadi Ke – 447 Kabupaten Pemalang Tahun 2022”, semoga Allah SWT senantiasa meridhoi langkah dan upaya kita dalam mewujudkan Kabupaten Pemalang yang AMAN (Adil, Makmur, Agamis dan Ngangeni)," ( Joko Longkeyang )
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peduli dan Bangga Pemalang AMAN di HUT Ke 447 Pemalang

Terkini

Iklan