terkini

Iklan

Server Internet Pemda Pemalang Down, Ini Penyebabnya

04/01/22, 00:55 WIB Last Updated 2022-01-04T18:03:13Z
JURNALPEMALANG.CO.ID - Semenjak beberapa hari lalu masyarakat Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah yang ingin mengakses informasi tentang informasi Pemerintah Kabupaten Pemalang dibuat penasaran pasalnya website yang biasa diakses pemalangkab.go.id mengalami kesusahan dikarenakan down. Hal ini terjadi lantaran pergantian kontrak penyedia server

Ditemui di kantornya pada Selasa ( Selasa, 4/01/2022 ) Drs. Yanuarius Nitbani Kepala Dinas Kominfo Kabapaten Pemalang mengatakan, memang benar internet Pemda Pemalang sedang tidak bisa diakses server internet down dan sekarang sedang diperbaiki ," kondisi yang terjadi adalah demikian, saya dilantik menjadi Kepala Dinas Kominfo pada tanggal 29 Desember 2021, dan saya diberi laporan oleh pegawai saya bahwa pejabat yang  lama memutus kontrak dengan interlink ( penyedia server sebelumnya )  pada tanggal 28 Desember 2021 dan dari efek tersebut yang terjadi pihak interlink menarik semua peralatan milik mereka yang sudah ditanam selama satu tahun disini namun yang kita sayangkan cara mengambilnya menurut teman - teman dilapangan ada beberapa alat yang diambil dengan cara yang tidak baik dan tidak beraturan," jelas Yanuar ( red - panggilan akrabnya )
Masih kata Yanuar, yang lebih ironis lagi ada oknum yang akan kita telusuri merubah pasword sehingga ada beberapa hal yang membuat gangguan terjadi di mana - mana, oknum ini yang merombak sehingga beberapa hari terakhir ini server pemda Pemalang menjadi terganggu baik siaran di Lppm Widuri atau aplikasi - aplikasi lainnya. 

,"Alhamdulillah dengan dibantu oleh teman - teman dari kominfo dan tenaga - tenaga ahli dari PT Aneka Usaha hari ini kami runtut bertahap dan berhasil kita atasi walaupun belum 100 persen normal," ujar Kadin Kominfo. 

Terkait dengan kondisi server Yanuar juga mengatakan, sejak awal ketika perjanjian kontrak diputus saya tidak dilapori secara rinci. Sebenarnya itu tidak masalah, yang fatal adalah oknum tertentu yang merubah pasword dan ini tidak gampang untuk merestart ," kejadian bisa dikatakan
sabotase dan sedang kami pertimbangkan akan kami laporkan kepihak yang berwajib agar bisa diketahui ini unsur kesengajaan atau  tidak, selanjut kejadian ini menjadi pembelajaaran kita kedepan, kita harus berhati -hati karena ini data negara dan data pemerintahan harus dijaga dengan sebaik - baiknya dan untuk perbaikannya
sampai sekarang tinggal beberapa item  yang belum selesai ,"imbuhnya. 

Ketika disinggung mengenai pemberitaan, Yanuar dengan diplomatis mengatakan terkait dengan wartawan kami ingin membangun kemitraan yang solid dan harmonis untuk bersama - sama membangun pemalang yang lebih baik dan AMAN. 
Sedangkan mengenai pengelolaan server  Pemda Pemalang Kadinkominfo Pemalang mengatakan , " Mulai sa'at ini pengelolaan server Pemda Pemalang mejadi tanggung jawab PT. Aneka Usaha bekerja sama dengan PT. Dinar Wahana Gemilang ," pungkas Yanuar. 

Senada dengan Kepala Dinas Kominfo Pemalang, Teknisi yang bertugas memperbaiki server mengatakan, " perbaikan server sekarang sudah 90 persen, sudah tersambung dan semoga hari ini Selas ( 4/01/2022 ) sudah selesai semuanya dan bisa kembali normal internet milik Pemda Pemalang."( Joko Longkeyang )
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Server Internet Pemda Pemalang Down, Ini Penyebabnya

Terkini

Iklan