Iklan

terkini

Iklan

Mantri-Mantri BRI Kanwil Jateng Mengikuti Pelatihan Bisnis Budidaya Ikan Bandeng dan Nelayan Ikan Tangkap

03/02/22, 15:35 WIB Last Updated 2022-02-07T06:36:06Z



JURNALPEMALANG.CO.ID - Pasca menggelar Musyawarah Antar Desa (MAD) dalam rangka laporan pertanggungjawaban Tahun 2021 dan penyampaian program kerja Tahun 2022 pada Senin (31 Januari 2022) lalu, Bumdes Bersama (Bumdesma) Rukun Makmur Kecamatan Ulujami langsung tancap gas.

Direktur Bumdesma Rukun Makmur Kecamatan Ulujami Sardiyan mengatakan pasca MAD kemarin, pihaknya langsung mengadakan kegiatan pelatihan bisnis budidaya ikan bandeng dan nelayan ikan tangkap yang pesertanya dari mantri-mantri Bank Rakyat Indonesia (BRI) se-Kanwil Jawa Tengah. Pelatihan ini merupakan bentuk kerjasama antara Bumdesma Rukun Makmur dengan Bank BRI se-Kanwil Jawa Tengah.

Sardiyan menjelaskan pelatihan   bisnis budidaya ikan bandeng dan nelayan ikan tangkap ini bertempat di Bumdesma Rukun Makmur Kecamatan Ulujami di Desa Blendung. Dalam pelatihan tersebut para peserta diberi edukasi serta penajaman materi terkait bagaimana skema bisnis usaha budidaya ikan bandeng.

"Ini alhamdulillah Pimpinan Pusat BRI dari Jakarta ikut hadir. Pimpinan Kanwil Jateng juga ikut hadir. Ini pesertanya se Jateng. Seperti dari Rembang, Tegal, dan kota-kota lainnya yang ada di Jawa Tengah," terang Sardiyan.

Sardiyan berharap dengan adanya sinergitas dan kolaborasi semacam ini akan memberikan nilai-nilai manfaat yang baik kepada Bumdesma Rukun Makmur Kecamatan Ulujami. Dimana para stakeholder yang ada baik dari pusat, propinsi maupun Kabupaten Pemalang sendiri bisa melihat eksistansi kegiatan yang ada di Bumdesma Rukun Makmur.

"Mohon doa restu step by step dengan semangat Salam Sadis ( Sabar dan Disiplin) dan Salam Gila (Gali Ide Langsung Aksi) ini nantinya akan memberikan nilai-nilai yang positif terkait dengan kegiatan kami,"  harap dia.

Disampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan pelatihan bisnis budidaya ikan bandeng dan nelayan ikan tangkap ini dimulai pada Rabu (2 Februari 2022) dan dibuka langsung oleh Pimpinan Pusat BRI dari Jakarta. Rencananya, pelatihan tersebut akan berlangsung selama 3 hari kedepan.

"Terakhir hari Jumat yang mana acaranya adalah penajaman materi. (Peserta) nanti praktik lapangan langsung di tambak terkait bagaimana pengenalan para pelaku usaha ikan tangkap. Jadi nanti peserta juga akan mengetahui bagaimana nelayan itu menangkap ikan sampai ke laut," pungkasnya. 

Sementara itu, Corporate University BRI Jakarta, Ibnu Hidayat menyampaikan bahwa maksud dan tujuan pelatihan bisnis budidaya ikan bandeng dan nelayan ikan tangkap kepada mantri-mantri BRI ini adalah untuk meningkatkan kompetensi para pegawainya. Sehingga mereka akan mengenal suatu bisnis terkait dengan bisnis budidaya ikan bandeng. 

"Pada prinsipnya untuk meningkatkan kompetensi para pegawai BRI," ujarnya.

Ibnu Hidayat berharap setelah mengikuti pelatihan tersebut, mantri-mantri BRI ini akan mengusai profil bisnis bandeng itu sendiri. Sehingga mereka dapat menggali potensi perikanan bandeng yang ada di unitnya masing-masing. 

"Jadi bentuknya nanti penyaluran kredit di sektor perikanan bandeng ini dimasing-masing unit yang mantrinya sudah belajar disini," tukasnya. (Yanto).



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mantri-Mantri BRI Kanwil Jateng Mengikuti Pelatihan Bisnis Budidaya Ikan Bandeng dan Nelayan Ikan Tangkap

Terkini

Iklan