Iklan

terkini

Iklan

Bumdesma Rukun Makmur Ulujami Manjakan KPM Dengan Kereta Odong-Odong.

21/04/22, 16:01 WIB Last Updated 2022-04-22T02:37:39Z

 

Direktur Bumdesma Rukun Makmur Ulujami

JURNALPEMALANG.CO.ID - Pemandangan tentang banyaknya kereta masyarakat atau odong-odong yang biasa dinaiki para ibu rumahnya tangga untuk menghibur anak-anaknya atau hanya sekedar untuk jalan- jalan adalah hal yang biasa, namun iring - iringan odong-odong menjadi tampak luar biasa ketika dimobilisasi dan digunakan untuk menopang kegiatan masyarakat dalam mengambil Bantuan Sosial Tunai ( BST ) adalah hal yang luar biasa dan itu semuanya hanya dilakukan oleh Bumdesma Rukun Makmur Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.


Terkait dengan pemanfa'atan odong-odong untuk menjemput dan mengantar para Keluarga Penerim Manfaat (KPM), Sardiyan, Direktur Bumdesma Rukun Makmur dalam keterangan persnya di Kantor Bumdesma tersebut pada Kamis ( 21 April 2022) menyampaikan, bahwa terkait pemanfaatan odong-odong-odong itu benar. "Memang benar pada tanggal  17 - 21 April 2022  di Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, setelah mendapatkan jadwal untuk penyaluran BPNT via pos yang dipusatkan di satu  satu titik yaitu Kantor Kecamatan Ulujami, " kata Sardiyan.



Masih kata Sardiyan, dalam konferensi persnya menyampaikan, sebelumnya di jajaran Muspika telah melakukan Rakor (Rapat Koordinasi) tentang pembagian Bantuan Sosial Tunai ( BST ) yang akan dibarengi dengan vaksin dan akan dipusatkan di Kantor Kecamatan Ulujami. "Dikarenakan kami BUMDESMA Rukun Makmur adalah menjadi bagian dari kegiatan penyaluran BST maka dengan berbagai pertimbangan kami mengusulkan agar para KPM dijemput dan diantar dengan menggunakan odong-odong," ujar Sardiyan saat press relaesse.


" Dalam tingkat Muspika terkait pengambilan BST yang dipusatkan di kantor Kecamatan Ulujami yang dibarengi dengan vaksinasi dan pada itu kami mengusulkan agar masyarakat dijemput dan diantar dengan menggunakan odong-odong secara gratis sedangkan mengenai biaya semuanya yang menanggung Bumdesma Rukun Makmur dan Alhamdulillah usulan tersebut diterima," imbuhnya.


Sardiyan selaku direktur Bumdesma Rukun Makmur berpendapat, bahwa selama ini Bumdesma merasa menjadi bagian kegiatan penyaluran BPNT, karenanya pihak terpanggil memberikan bantuan kepada para KPM.


"Selama ini kami menjadi bagian dari kegiatan penyaluran BPNT oleh karena itu kami terpanggil untuk memberikan bantuan, apalagi sekarang suhu sangat tinggi dan di bulan Romadhon juga dengan pertimbangan para KPM tidak semuanya berusia muda bahkan banyak yang sudah lanjut usia sehingga penjemputan dan pengantar dengan menggunakan odong-odong akan lebih efektif, pertimbangan yang lain untuk meningkatkan penambahan pendapatan bagi UMKM odong-odong, serta pembagiannya cepat selesai. Kami pilih penjemputan dan pengantaran para KPM dengan tujuan meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM odong-odong, penyaluran BST lebih cepat dan efesien serta menjadi rekreasi warga Kecamatan Ulujami serta bagian strategi untuk meningkatkan kesegaran masyarakat di Bulan Romadhon," ungkap Sardiyan.


Di akhir pres rilisnya Sardiyan menekankan bahwa didalam hal penyelenggaraan dan pengadaan odong-odong Bumdesma tidak meminta serupiahpun kepada KPM. Semua KPM yang kami jemput dan kami antar menggunakan odong-odong semuanya tidak ditarik biaya, dan kami tidak hanya berbicara keuntungan, kami menawarkan ke pedulian kepada pemerintah dan ini terbukti acara pembagian BST berjalan dengan baik oleh karena kami berharap hal tersebut menjadi kreatifitas sekaligus mendongkrak ekonomi kerakyatan dengan memanfaatkan kereta masyarakat yaitu odong - odong yang dalam pelaksanaan sehari melakukan penjemputan  dan mengantar 5 ( lima ) desa dan itu semuanya mengikuti jadwal yang ditetapkan oleh kantor pos.


" Secara umum tidak ada kendala dalam pelaksanaannya, walaupun tidak sempurna dan ini bisa menjadi rujukan bagi Kecamatan lainnya di Kabupaten Pemalang karena kegiatan ini bisa mempercepat, nyaman, dan sudah kami perhitungkan secara detail, ke depan semoga tetap bisa kita lakukan karena dengan menggunakan odong-odong bisa bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan khusus para pelaku UMKM odong- odong ," pungkas Sadiyan Dirut Bumdesma Rukun Makmur Kecamatan Ulujami. ( JoLong )

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bumdesma Rukun Makmur Ulujami Manjakan KPM Dengan Kereta Odong-Odong.

Terkini

Iklan