Iklan

terkini

Iklan

Cloud Hosting Indonesia

Bupati Pemalang Lakukan Groundbreaking Kawasan Edukasi Peternakan Desa Penggarit Senilai 5 Milyar

24/04/22, 20:01 WIB Last Updated 2022-04-28T04:23:32Z
JURNALPEMALANG.CO.ID - Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo lakukan Groundbreaking/ peletakan batu pertama kawasan pengembangan ternak dan wisata edukasi peternakan di Desa Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah pada Minggu (24/04/2022 ).

Peresmian tersebut dihadiri oleh anggota Komisi B DPRD Pemalang, Pejabat OPD terkait, Pejabat Perhutani,  Forkompimcam Taman, Direktur PT. Perusahaan Gas Negara, Kepala Desa Penggarit, tokoh masyarakat dan anggota Kelompok Tani Ternak Sido Makmur Dusun Karang Suci, Desa Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang.

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo dalam sambutannya mengatakan wabil khusus kepada pemerintah melalui PT. Perusahaan Gas Negara menyampaikan ungkapan terima kasih kepada semua stakeholder yang telah memberikan bantuannya melalui Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mengembangkan peternakan kambing dan edukasi wisata peternakan.

"Yang terhormat direktur utama PT Perusahaan Gas Negara Bapak Muhammad Haryo Yuniarto yang telah memberikan bantuan, yang saya hormat dan tamu undangan lainnya, puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan YME atas berkat rahmat dan hidayahnya di sini kita bisa berhimpun dalam acara peresmian pengembangan ternak kambing dan wisata edukasi peternakan di Dukuh Karangsuci, Desa Penggarit, Kecamatan Taman semoga bisa tercapai sesuai harapan," kata Mukti Agung Wibowo Bupati Pemalang.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pemalang juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas bantuannya untuk peternak di Desa Penggarit Kabupaten Pemalang.

Kepada perhutani kami juga menyampaikan terima kasih atas proses sampai terlaksananya kegiatan termasuk sudah memberikan bantuan kerja sama untuk warga masyarakat Desa Penggarit,  adanya bantuan kami berharap para peternakan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat  juga menjadikan seluruh wilayah Desa Penggarit khususnya dan Kabupaten Pemalang pada umumnya bisa lebih baik, lebih maju lagi sesuai dengan visi misi Kabupaten Pemalang yang Aman Adil Makmur Agamis Dan Ngangeni (AMAN) ," imbuh Bupati.

Terkait dengan nilai ekonomis tentang ternak kambing, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo juga memberikan support kepada para peternak kambing.

" Skarang ini sudah mulai banyak rumah makan sate kambing atau daging kambing, mulai menjamur di mana-mana untuk itu pasti membutuhkan pasokan daging kambing oleh karena itu para peternak kambing tersebut menjadi harapan kami ini untuk menyiapkan kebutuhan masyarakat serta akan meningkatkan kemampuan penyediaan daging kambing di wilayah Kabupaten Pemalang dan kami berharap adanya program ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Pemalang pada umumnya," pungkas Mukti Agung Wibowo.

Sementara itu Kepala Desa Penggarit Imam Wibowo dalam wawancaranya mengatakan, pembangunan pengembang ternak kambing dan wisata edukasi peternakan kelompok tani ternak Sido Makmur, Dusun Karangsuci, Desa Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah yang baru saja diresmikan Bupati Pemalang senilai Rp 5 M (lima Milyar) adalah didanai dengan menggunakan anggaran Corporate Social Responcibllity ( CSR )  oleh PT. Perusahaan Gas Negara. " Pengembangan ternak kambing dan wisata edukasi peternakan yang baru diresmikan Bupati Pemalang di danai oleh PT. Perusahaan Gas Negara dengan menggunakan dana Corporate Social Responcibllity (CSR) senilai Rp. 5 M (Lima Milyar) yang nantinya akan digunakan untuk membangun kandang 123 (seratus dua puluh tiga) unit, talud, penerangan jalan, aula pertemuan, lahan parkir, " ungkap Imam Wibowo.

Kepala Desa Penggarit juga menegaskan, terkait dengan anggaran senilai Rp.5 M diterimakan dalam bentuk fisik bangunan. " Nantinya para petani akan menerima dalam bangunan yang lahannya milik negara yang dikelola perhutani yang  MuO bekerja sama dengan Bumdes Penggarit seluas 13 Ha meliputi petak 21 dan 22 yang akan digunakan akan menjadi kawasan wisata ternak yang akan berintergasi dengan wisata Benowo Park," ungkap Imam Wibowo.

Terkait dengan jumlah petani ternak kambing di Desa Penggarit, Imam Wibowo mengatakan, sa'at ini jumlah peternak kambing ada 124 orang di Dukuh Karangsuci dengan populasi 1300 ekor dengan  ditempatkan dalam satu bangunan. " Ini hanya  didukung Karangsuci belum jumlah total di Desa Penggarit dan jenis kambing adalah kambing jawa randu di mana para petani melakukan pembesaran untuk dikonsumsi dagingnya," pungkas Imam Wibowo.

Seusai peresmian Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo melakukan buka bersama masyarakat setempat dan tamu undangan lainnya. ( Joko Longkeyang)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Pemalang Lakukan Groundbreaking Kawasan Edukasi Peternakan Desa Penggarit Senilai 5 Milyar

Terkini

Iklan