Iklan

terkini

Iklan

Dandim Pemalang Canangkan Desa Banjardawa Sebagai Kampung Pancasila

12/05/22, 18:56 WIB Last Updated 2022-05-12T11:56:29Z
JURNALPEMALANG.CO.ID - Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo didampingi Komandan Kodim (Dandim) 0711/Pemalang Letkol (Inf) Roihan Hidayatullah dan Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo mencanangkan Desa Banjardawa, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang sebagai Kampung Pancasila pada Kamis, 12 Mei 2022.

Dalam sambutan Dandim Letkol Inf Roihan Hidayatullah  menyampaikan, pancasila merupakan bagian pertahanan bangsa kita dan pancasila adalah ruh dan jiwa yang harus diagungkan diseluruh pelosok Negeri.

"Desa Banjardawa kita canangkan sebagai kampung pancasila atas keragaman agama yang ada, dan semua bisa hidup secara berdampingan dangan rukun yang begitu indah," kata Roihan.

Menurut Roihan, tujuan dibentuknya kampung pancasila untuk menjaga dan memelihara pancasila sebagai idiologi negara dalam wadah yaitu program kampung pancasila. 

Roihan berharap dengan adanya kampung pancasila di Desa Banjardawa dapat menjaga dan memelihara pancasila sebagai idiologi negara dengan melestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam butir-butir pancasila.

"Mari kita ciptakan kerukunan terhadap umat beragama dengan mengembangkan sikap saling menjaga dan toleransi serta kearifan lokal. Saling menghormati dan menghargai sikap sopan santun dan tetap tingkatkan kesejahteraan kemakmuran rakyat," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Banjardawa Sukandar menyampaikan, sebelum dilaksanakan pencanangan kampung pancasila telah dilaksanakan beberapa persiapan, diantaranya sosialisasi kepada warga dan lintas agama.

"Kami disini sudah sebulan lebih mempersiapkan, dan kami bersama teman-teman sosialisasi dimasing-masing dusun sampai dengan hari ini dicanangankan," pungkasnya.

Turut hadir dalam  kegiatan tersebut, Forkopimda Kabupaten Pemalang, Forkopimca Kecamatan Taman, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), tokoh agama, tokoh pemuda.(Sasongko)

Editor : Yanto
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dandim Pemalang Canangkan Desa Banjardawa Sebagai Kampung Pancasila

Terkini

Iklan