Iklan

terkini

Iklan

Cloud Hosting Indonesia

Pekan Kreatifitas Mahasantri Ma'had Aly Bina Madani Moga Diwarnai Sengatan Lebah dan Buah Nanas

22/05/22, 21:54 WIB Last Updated 2022-05-22T14:54:01Z
JURNALPEMALANG.CO.ID - Kegiatan pekan kreativitas mahasantri bersama masyarakat Kecamatan Moga digelar pada hari Sabtu-Ahad tanggal 21-22 Mei 2022. 

Bekerja sama dengan Yayasan Perlebahan Indonesia Menuju Alam Sejahtera (YaPIMAS) dan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Pemalang, Ma’had Aly Bina Madani Moga  menggelar dua pelatihan usaha, yaitu Pelatihan Budidaya Lebah yang diikuti oleh para santri, warga masyarakat Moga dan sekitarnya, terutama masyarakat purna tugas atau pensiunan. Sedangkan pelatihan selanjutnya adalah Pelatihan Pengolahan Nanas yang diikuti oleh para ibu warga masyarakat Desa Banyumudal, Kecamatan Moga.

Pada Pelatihan budidaya lebah hari Sabtu, 21 Mei 2022 bertempat di halaman Rumah dr. Mahrus Achid dan Aula Ma’had Aly Bina Madani Moga dengan menghadirkan nara sumber dari YaPIMAS yaitu Abdullah , Rif’an, dan Tejo Asmara yang merupakan anggota Asosiasi Perlebahan Indonesia (API). Kegiatan ini berlangsung sangat menarik, karena para instruktur menyampaikan pelatihan  teori dan praktek secara in door dan out door. Peserta yang kebanyakan para purna tugas sangat antusias mengikuti seluruh materi mulai dari cara mengenal lebah, merawat koloni dan memanen madu. Kegiatan ini juga sangat mengesankan karena banyak peserta yang sempat dikejar dan disengat lebah ketika mempratekan perawatan koloni lebah.

dr. H. Mahrus Achid selaku pengurus yayasan penyelenggara Ma’had Aly Bina Madani Moga menyampaikan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai bekal pengetahuan para mahasantri, agar dapat hidup mandiri.

" Dengan memiliki ketrampilan budidaya lebah, selain juga sebagai pendalaman pemahaman ayat-ayat Allah yang dihafalnya khususnya ayat tentang lebah dalam Alquran,” kata Mahrus Achid.

Sedangkan untuk para purna tugas, ketrampilan budidaya lebah ini akan dapat menjadi pengisi kegiatan masa pensiun, sekaligus bisa menambah penghasilan setelah lebah-lebanya dipanen, sebagai pengganti penghasilan yang sudah tidak 100% setelah pensiun, menjadi lebih meningkat lagi.

Pada Pelatihan pengolahan nanas yang diikuti oleh para ibu warga masyarakat sekitar Banyumudal, menghadirkan nara sumber dari Diskoperindag Kab. Pemalang. 

Hepipriyanto Kepala Diskoperindag Kab.Pemalang menyampaikan apresiasi dan dukungannya pada program pekan mahasantri Mahad Aly Bina Madani Moga khususnya pada pelatihan pengolahan nanas. 

Hepipriyanto berharap, pelatihan ini bisa mengantarkan peserta memiliki ketrampilan usaha olahan nanas yang bisa bermanfaat untuk peserta dan para petani nanas di Moga.
Dalam pelatihan ini bertindak sebagai nara sumber Jariyah dan Nuryati yang merupakan pelaku usaha olahan nanas dari Belik, memberikan materi pelatihan mulai dari proses pengupasan nanas hingga mengolah nanas dan mengemas hasil produk olahan  dalam bentuk kemasan kue lezat jenis stick  dan dodol nanas.

dr. H. Mahrus sebagai penyelenggara yang juga memiliki banyak lahan nanas berpesan,  para peserta pelatihan jika sudah memiliki ketrampilan mengolah nanas.

" Bisa segera mencoba membuat olahan nanas, dan nanti bahan nanas yang dibutuhkan bisa mengambil di kebun, setelah bisa laku terjual olahannya baru bayar nanasnya gak apa-apa, “ katanya dengan penuh kesungguhan.

Kegiatan pekan kreativitas mahasantri Mahad Aly Bina Madani Moga dan masyarakat ini juga dihadiri oleh ketua tim penggerak PKK Desa Banyumudal Ny. Ali Mutamar, serta anggota Babinsa Banyumudal mewakili Danramil Moga yang berhalangan hadir karena ada kegiatan di tempat lain.

Pelatihan pengolahan nanas ditutup dengan doa oleh ustadz Ihwanudin, Direktur Mahad Aly Bina Madani Moga. ( ---Tuko Chaeron--- )
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pekan Kreatifitas Mahasantri Ma'had Aly Bina Madani Moga Diwarnai Sengatan Lebah dan Buah Nanas

Terkini

Iklan