Iklan

terkini

Iklan

Peran Pemasyarakatan di Dalam Undang-undang TerbaruNomor 22 Tahun 2022

12/10/22, 19:12 WIB Last Updated 2023-01-02T12:14:33Z
Oleh : Diasti Rizki Ramadhani, S.Tr.Pas.(Pembimbing Kemasyarakatan Pertama – ASN Kemenkumham)

Pemasyarakatan adalah subsistem peradilan pidana yang menyelenggarakan penegakan hukum di bidang perlakuan terhadap tahanan, anak, dan warga binaan. Suatu sistem yang ada di dalam Pemasyarakatan yaitu suatu tatanan mengenai arah dan batas serta metode pelaksanaan fungsi Pemasyarakatan secara terpadu. Pemasyarakatan memiliki beberapa fungsi yang meliputi pelayanan, pembinaan, pembimbingan kemasyarakatan, perawatan, pengamanan, dan pengamatan.

Pelayanan adalah kegiatan yang diselenggarakan untuk memberikan pelindungan dan pemenuhan hak bagi Tahanan dan Anak pada proses peradilan. Pelayanan terhadap Tahanan ini diselenggarakan di Rumah Tahanan Negara atau yang disebut dengan Rutan. Pelayanan terhadap Anak ini diselenggarakan di Lembaga Penempatan Anak Sementara atau yang disebut dengan LPAS.

Pembinaan adalah kegiatan yang diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas kepribadian dan kemandirian Narapidana dan Anak Binaan. Pembinaan terhadap Narapidana diselenggarakan di Lembaga Pemasyarakatan atau yang disebut dengan Lapas. Pembinaan terhadap Anak Binaan diselenggarakan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak atau yang disebut dengan LPKA.

Pembimbingan Kemasyarakatan adalah kegiatan yang diselenggarakan guna pendampingan Klien di dalam dan di luar proses peradilan pidana serta mempersiapkan Klien untuk proses reintegrasi sosial. Pembimbingan kemasyarakatan terhadap Klien diselenggarakan di Balai Pemasyarakatan atau yang disebut dengan Bapas.

Perawatan adalah kegiatan yang diselenggrakan untuk mendukung terjaganya kondisi fisik dan psikologis Tahanan, Anak, Narapidana, dan Anak Binaan. Rutan, LPAS, Lapas, dan LPKA dalam melaksanakan fungsi pelayanan dan pembinaan memberikan perawatan terhadap Tahanan, Anak, Narapidana, dan Anak Binaan.

Pengamanan adalah segala bentuk kegiatan dalam rangka melakukan pencegahan, penindakan, dan pemulihan gangguan keamanan dan ketertiban yang diselenggarakan untuk menciptakan kondisi yang aman dan tertib di rumah tahanan negara dan lembaga pemasyarakatan. Penyelenggaraan pengamanan dilakukan di Rutan dan Lapas.

Pengamatan adalah segala bentuk kegiatan dalam rangka melakukan pencegahan, penegakan disiplin, dan pemulihan gangguan keamanan dan ketertiban yang diselenggarakan untuk menciptakan kondisi yang aman dan tertib di lembaga penempatan anak sementara dan lembaga pembinaan khusus anak. Penyelenggaraan pengamatan dilakukan di LPAS dan LPKA

Berdasarkan penjelasan di atas maka didasarkan atas payung hukum terbaru Pemasyarakatan yaitu Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan yang sudah disahkan pada tanggal 3 Agustus 2022 lalu. Undang-Undang Pemasyarakatan yang terbaru ini merupakan perubahan dari Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan. Terbentuknya undang-undang terbaru ini menguatkan posisi Pemasyarakatan dalam Sistem Peradilan Pidana pada dinamika kebutuhan masyarakat atas Keadilan Restoratif. Berlakunya sistem Pemasyarakatan yang dilaksanakan berdasarkan asas pengayoman, nondiskriminasi, kemanusiaan, gotong royong, kemandirian, proposionalitas, kehilangan kemerdekaan sebagai satu-satunya penderitaan, dan profesionalitas.*
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peran Pemasyarakatan di Dalam Undang-undang TerbaruNomor 22 Tahun 2022

Terkini

Iklan