Iklan

terkini

Iklan

SMK PGRI 1 Taman Buat Produk Unggulan, Ini Daftarnya!

27/12/22, 21:50 WIB Last Updated 2022-12-27T14:50:02Z

 


JURNALPEMALANG.CO.ID - Produk-produk unggulan karya siswa-siswi SMK PGRI 1 Taman, Kabupaten Pemalang mendapat apresiasi dari Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat. Produk-produk unggulan itu antara lain mesin CNC Router YR310, mesin pemotong singkong/pisang, cookies ampas tahu greatama dan teh herbal terminalia kerss.


Dijelaskan Kepala SMK PGRI 1 Taman, Yanto Raharjo bahwa mesin CNC Router YR310 ini sangat cocok untuk kalangan pelaku UMKM. Mesin ini dibuat lebih sederhana. Untuk harganya berkisar Rp.30 juta. Jauh lebih murah dibandingkan mesin CNC aslinya yang mencapai hingga ratusan juta rupiah.


"(Pengoperasiannya) pakai komputer atau laptop. Jadi sangat presisi," beber Kepala SMK PGRI 1 Taman, Yanto Raharjo kepada Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat meninjau bengkel umum dan tempat uji kompetensi SMK PGRI 1 Taman seusai meresmikan dan menandatangani prasasti Aula Out Door sekolah tersebut bersama Ketua Pengurus PGRI Jawa Tengah Muhdi, Selasa (27 Desember 2022).


Dalam tinjauannya, Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat beserta rombongan, juga melihat langsung bagaimana cara kerja mesin yang sudah diprogram menggunakan komputer tersebut. Terlihat, proses pengerjaan sangat presisi. Adapun untuk lamanya proses pengerjaan, ditentukan dari ukuran benda atau media yang sedang dikerjakan.


Selanjutnya, Yanto menunjukan sepeda motor bertenaga listrik five in one yang merupakan salah satu karya inovasi lainnya. Menurutnya, sepeda motor yang diberi nama Semapan atau sepeda masa depan ini dapat melaju dengan menggunakan tenaga listrik yang bersumber dari aki. Sepeda motor ini juga dapat di charging jika daya listriknya mulai melemah.


"Kecepatannya paling sekitar 60 km/jam," ujarnya.


Selain itu, Yanto juga memamerkan produk-produk inovasi lainnya karya siswa-siswi dari 6 kompetensi keahlian yang ada di sekolahnya. Termasuk menunjukan beberapa siswanya yang sedang memperbaiki mobil.


Usai melakukan tinjauannya, Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat pun mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Pemalang maupun luar Pemalang untuk bisa datang langsung ke SMK PGRI 1 Taman yang berlokasi di Jalan Abdul Wahid Hasyim No.4, Wanarejan, Taman, Pemalang jika ingin memperbaiki atau mendeteksi kerusakan kendaraannya, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Nantinya proses pengerjaan akan dilakukan para siswa yang sudah dibekali ilmu keahlian sesuai dengan bidang kompetensi keahliannya.


"Nanti yang mengerjakannya adalah siswa-siswa SMK PGRI 1 Taman. Dan harganya terjangkau," terangnya.


Mansur juga berpesan kepada para pelajar yang akan menamatkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada tahun ajaran baru mendatang agar melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.


"Silahkan untuk mendaftar di SMK PGRI 1 Taman," tandasnya.


Disebutkannya, terdapat 6 kompetensi keahlian yang ada di SMK PGRI 1 Taman, Pemalang. Diantaranya Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, Teknik Pemesinan, Teknik Pengelasan, Teknik Mekanik Industri, Teknik sepeda Motor, dan Teknik Kendaraan Ringan.


Adapun acara peresmian dan penandatanganan prasasti Aula Out Door SMK PGRI 1 Taman oleh Plt Bupati Pemalang dan Ketua Pengurus PGRI Jawa Tengah tersebut turut dihadiri Ketua Pengurus PGRI Kabupaten Pemalang, Mualip, Kepala Sekolah PGRI se Kabupaten Pemalang, Kepala Cabang Dinas Wilayah XII Provinsi Jawa Tengah beserta Kasi dan Pengawasnya, Komite SMK PGRI 1 Taman, seluruh guru dan staf karyawan SMK PGRI 1 Taman dan segenap tamu undangan lainnya.*


Penulis : Yanto

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • SMK PGRI 1 Taman Buat Produk Unggulan, Ini Daftarnya!

Terkini

Iklan